Minggu, 29 Mei 2016

Media Literacy (Melek Media) dan Tanggungjawab Individu dalam Bermedia

Resume pertemuan ke 12
Fellisia tio 141400110205





·         Memahami melek media/ media literacy


Literasi adalah kemampuan seorang individu untuk membaca dan menulis yang ditandai dengan kemampuan memahami pernyataan singkat yang ada hubungannya dengan kehidupannya. Lamb(2003) menyatakan, literasi tidak hanya didefinisikan sebagai kemampuan membaca dan menulis, tetapi juga kemampuan menempatkan, mengevaluasi, menggunakan dan mengomunikasikan melalui berbagai sumber daya termasuk sumber-sumber daya teks visual suara dan video.



·         Pentingnya Media Literasi           
Literasi media memang mengasumsikan, tidak setiap informasi yang disajikan, disiarkan, atau ditayangkan media dibutuhkan dan bermanfaaat bagi masyarakat. Justru yang terjadi sering berlaku sebaliknya. Artinya, masyarakat tidak membutuhkan begitu banyak informasi baru yang terasa aneh, janggal, dan artifisial. Tetapi ternyata media terus saja meproduksinya, menyiarkan, dan menayangkannya berulang-ulang. Kenyataan demikian dikhawathirkan bisa menumpulkan daya kritisisme masyarakat. Untuk itulah, budaya literasi media perlu ditanamkan sejak dini di sekolah-sekolah.
·         Isu-isu dalam media literasi


Isu-isu yang dibahas di dalam pertemuan dan pembelajaran dikelas filsafat adalah kasus kebebasan berekspresi dan kasus buku kiri. Menurut penuturan teman-teman pembahas dan penanya, kedua kasus ini merupakan kasus media literasi yang paling banyak dijumpai. Banyaknya kurang pengetahuan dan kesadaran dalam literasi media, menyebabkan ketidak seimbangannya literasi dalam media. Kasus kebebasan ber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar