Senin, 30 Mei 2016

PRIVASI DAN KERAHASIAAN/ KONFIDENSIALITAS DALAM ETIKA KOMUNIKASI DAN KEPENTINGAN UMUM

PRIVASI DAN KERAHASIAAN/ KONFIDENSIALITAS DALAM ETIKA KOMUNIKASI DAN KEPENTINGAN UMUM


A. Privasi

            Hak untuk dibiarkan atau hak untuk mengontrol publikasi yang tidak diinginkan tentang urusan personal seseorang. Yang dimaksud dengan urusan personal adalah hal yang bersifat privasi, namun masyarakat bahkan public figure sering salah dalam memahami arti privasi. Banyak yang beranggapan bahwa public figure tidak akan memiliki privasi. Namun, pandangan itu salah karena privasi merupakan hak personal.
            Prinsip konfidensialitas (kerahasiaan) adalah kewajiban untuk menjaga kerahasiaan identitas narasumber, atau bahkan info dari narasumber itu sendiri dalam kondisi tertentu. Privasi berkaitan dengan komunikator (orang pertama), sedangkan konfidensialitas berfokus pada komunikan (orang kedua).

B. Privasi dan Konfidensialitas sebagai Nilai
           
Nilai Privasi:
·      Otonomi individu merujuk pada kemampuan individu mengontrol apa yang akan terjadi pada dirinya. Pelanggaran privasi yang tidak bisa dikontrol dan dilanggar akan merusak citra seseorang yanb telah dibangun sendiri
·      Privasi bisa melindungi dari reaksi negative seperti ejekan khusunya dalam masyarakat yang masih menjunjung tinggi nilai tertentu dan rendah dalam toleransi. Contohnya beberapa gaya hidup dan tingkah laku yang dianggap aneh. Contohnya kaum LGBT, pecandu alcohol, epnderita PMS, dan pemakai narkoba.
·      Merupakan mekanisme untuk mengontol reputasi, karena semakin banyak yang orang ketahui tentang kita, maka semakin berkurang kekuatan kita untuk menentukan nasib sendiri
·      Merupakan perangkat berlangsungnya interaksi sosial.
·      Benteng kekuasaan pemerintah, menjaga agar kekuasaan tidak disalahgunakan

C. Nilai Konfidensialitas

  1. Kemampuan untuk menyimpan rahasia merupakan perwujudan otonomi individu.
  2.  setiap orang butuh ruang pribadi. Konfidensialitas mewujudkan ruang pribadi [privat sphere].
  3. Konfidensialitas menumbuhkan rasa saling mempercayai.
  4. Konfidensialitas penting untuk mencegah tindakan menyakiti orang lain.
  5. Konfidensialitas merupakan sarana untuk mewujudkan tujuan kelompok sosial.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar