Selasa, 31 Mei 2016

KEBEBASAN DAN TANGGUNG JAWAB: dalam PERILAKU MEDIA atau PERS

KEBEBASAN DAN TANGGUNG JAWAB: dalam PERILAKU MEDIA atau PERS

Pengertian kebebasan dalam filsafat berarti kemampuan manusia untuk menentukan dirinya sendiri. Dalam hal ini, kebebasan memiliki makna yang positif, karena sebgai konsekuensi dari adanya potensi manusia untuk dapat berpikir dan berkehendak. Sedangkan, pengertian tanggung jawab menurut filsafat adalah kemampuan manusia yang menyadari bahwa seluruh tindakannya selalu mempunyai konsekuensi.

Dalam hal ini, setiap manusia memiliki kebebasannya masing- masing, tetapi dari kebebasan itu manusia juga memiliki tanggung jawab, karena tidak mungkin ada kebebasan tanpa tanggung jawab, begitu pun sebaliknya.

Jika dikaitkan dengan kebebasan dan tanggung jawab media atau pers, media memang memiliki kebebasannya untuk berkreatifitas, tetapi tanpa mengurangi tanggung jawabnya terhadap public, yaitu memberikan informasi. Dalam hal ini, media memilki tanggung jawab memberikan informasi yang akurat kepada public.

Pemberian informasi yang akurat juga harus memperhatikan kode etik jurnalistik, seperti tidak mencampurkan fakta dan opini, menjaga privasi narasumber, tidak menyalahgunakan profesi, dan masih banyak lainnya. Tanggung jawab media saat ini tidak boleh dianggap enteng dan  menyimpang dari kode etik jurnalistik, karena bagaimana pun media memiliki efek yang besar bagi public dalam segala hal baik pemberitaan atau lainnya.  

Fransiska Wahyuning// 14140110196
Sumber:
 Mufid, Muhammad. 2009. Etika dan Filsafat Komunikasi. Jakarta: Kencana.
Bertens, K. 2011. Etika. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar