Senin, 30 Mei 2016

Kebebasan dan Tanggung Jawab



Kebebasan dan Tanggung Jawab

Kebebasan adalah suatu fakta dan di antara fakta-fakta yang ditetapkan orang tidak ada yang lebih jelas. Kebebasan mempunyai banyak aspek dan karakteristik. Bebas dipakai dalam berbagai nuansa.

1.       Kebebasan Sosial Politik

Subyek kebebasan disini adalah suatu bangsa atau rakyat.

Produk perjuangan sepanjang sejarah.



2.       Kebebasan Individual

Subyek kebebasan disini adalah manusia perorangan.

a.       Kesewenang-wenangan

Kebebasan dimengerti sebagai kesewenangan. Orang disebut bebas bila dapat berbuat atau tidak berbuat sesuka hatinya. Bebas dimengerti sebagai terlepas dari segala kewajiban dan kerterikatan.

b.      Kebebasan Fisik

Bebas berarti tidak ada paksaan atau rintangan dari luar. Orang dapat bergerak kemana saja tanpa hambatan.

c.       Kebebasan Yuridis

Kebebasan berkaitan dengan hukum dan haris dijamin oleh hukum. Kebebasan hukum merupakan salah satu aspek dari hak asasi manusia.

d.      Kebebasan Psikologis

Kebebasan psikologis yaitu kemampuan yang dimiliki manusia untuk mengembangkan serta mengarahkan hidupnya, termasuk didalamnya yang menyangkut kemampuan kehendak.

e.      Kebebasan Moral

Kebebasan moral berkaitan dengan kebebasan psikologis, walaupun tidak sama. Tanpa kebebasan psikologis tidak mungkin terdapat kebebasan moral. Dalam keadaan normal kebebasan psikologis akan disertai dengan kebebasan moral.

f.        Kebebasan Ekstensial

Kebebasan eksistensial adalah kebebasan yang menyeluruh yang menyangkut seluruh pribadi manusia dan tidak sebatas pada salah satu aspek saja. Kebebasan ini mencangkup seluruh eksistensi manusia. Kebebasan ini merupakan kebebasan yang tertinggi yang dimiliki manusia

Masalah-Masalah Mengenai Kebebasan

1.       Kebebasan Negatif dan Kebebasan Positif


Pendekatan ini menjelaskan arti dari kebebasan. Kebebasan negative itu artinya bebas dari . contohnya kebebasan yang bebas dari tekanan orang lain. Sedangkan kebebasan positif adalah kebebasan untuk memperoleh keadilan.


2 Batas-Batas Kebebasan.

- Fisik dan Psikis

- Lingkungan  Alamiah dan Sosial

- Kebebasan orang lain  Menghormati kebebasan orang lain

- Generasi-generasi mendatang  Mengingat masa depan

3. Kebebasan dan Determinisme

Suatu kejadian yang menyebabkan kejadian lain yang di dalamnya terdapat penyebab dan motif.



  • Tanggung Jawab adalah dapat menjawab apabila ditanyai tentang perbuatan-perbuatan yang dilakukan. Orang yang bertanggung jawab dapat diminta penjelasan mengenai tinkah lakunya Manusia memiliki kebebasan untuk mengemukakan pendapatnya, tetapi harus disertai dengan tanggung jawab. Maka dari itu, media harus memperhatikan etika . Mengapa? Karena etika sendiri dapat menentukan baik / tidaknya informasi yang di sampaikan media massa.
  • Media mempunyai kekuasaan dan efek yang dahsyat terhadap publik,padahal media mudah memanipulasi audiens. Dengan demikian, etika komunikasi mau melindungi publik yang lemah. Etika komunikasi adalah upaya untuk menjaga keseimbangan antara kebebasan berekspresi dan tanggung jawab.


Dahlia Suhendra 14140110215

Tidak ada komentar:

Posting Komentar