Senin, 30 Mei 2016

Media: Pelayan Publik dan Logika Politik; Tanggung Jawab Sosial dan Tekanan Ekonomi

Pelayanan publik adala semua kegiatan yang pemenuhannya harus terjamin, teratur, dan terawasi oleh pemerintah karena diperlukan sebagai wujud perkembangan ketergantungan sosial. Pada hakekatnya, perwujudan ini sulit terlaksana tanpa campur tangan pemerintah. Pelayanan publik juga dinyatakan sebagai pengalihan tanggung jawab atas sejumlah kekayaan pribadi atau swasta untuk menghindari orientasi keuntungan agar tercipta pelayanan publik yang baik.
Dalam hal ini pula terjadi pencampuran aspek politik dengan para pekerja media. Pekerja media atau pers mendapat tekanan untuk bertanggung jawab secara sosial, yaitu menjalankan tugasnya dan tanggung jawab ekonomi. Tekanan ini tentu dapat memengaruhi kinerja media.
Penekan dari sisi ekonomi dapat berupa pengiklan, pemilik media, investor, dll. Tekanan ini pula membuat media menjadi cenderung mementingan rating tinggi, agar mendapatkan keuntungan besar. Kecenderungan ini membuat media mulai meninggalkan tanggung jawab sosialnya.
Pelayanan publik memang tidak seharusnya diawasi pemerintah secara intens, apalagi ada campur tangan di dalamnya. Namun, dalam konteks ini, pemerindah dapat menerapkan regulasi agar media tetap berjalan seimbang. Media harus tetap kritis dalam mendapatkan dan menyebarkan informasi, juga kritis sebagai bentuk pembangunan dan pelayanan publik.
CINDY

14140110101

Tidak ada komentar:

Posting Komentar