Senin, 30 Mei 2016

KEPENTINGAN, TEKANAN EKONOMI, DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL

KEPENTINGAN, TEKANAN EKONOMI, DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL

                       
Tanggung jawab sosial bisa tidak dapat terlaksana karena adanya kepentingan bermotif ekonomi. Ada tiga sumber kegiatan ekonomi; pendukung finansial seperti investor, pemilik, pemasang iklan, dan pelanggan; para pesaing; dan masyarakat secara utuh. Setiap media berlomba-lomba mendapatkan perhatian pemirsa dengan membuat konten yang kreatif.

Ada 3 pendorong munculnya neoliberalisme:
·      Berkembangnya multinational corporate
·      Munculnya surveillance system dari dunia internasional
·      Revolusi di bidang komunikasi dan transportasi

Upaya penghapusan regulasi negara atas industry media merupakan pertanda datangnya gelombang neoliberalisme. Walaupun fenomena ini membebaskan media dari kekangan pemerintah, tetapi celah untuk dunia kapitalis berkembang semakin besar. Tekanan ekonomi dan tekanan politik inilah yang membuat nilai-nilai etis di media semakin luntur.

Media seharusnya menjalankan fungsi sebagai pelayan public. Namun, media mulai terdesak kepentingan pengusahanya yang juga berusaha menjadi penguasa. Maka ruang public tersedot frekuensinya oleh kepentingan-kepentingan pemilik. Kinerja ideal jurnalis juga berubah, dan semua karya-karya jurnalistik lewat media sudah diatur agar bisa menguntungkan korporasi dan penguasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar