Selasa, 31 Mei 2016

Media Literacy (Melek Media) dan Tanggungjawab Individu dalam Bermedia

FADILLAH SATRIO PRADHANA - 14140110462
Literasi media adalah kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan isi pesan media. Dari definisi itu dipahami bahwa fokus utamanya berkaitan dengan isi pesan media.

Elemen utama di dalam literasi media adalah sebagi berikut:
  1. ·         Sebuah kesadaran akan dampak media terhadap individu dan masyarakat
  2. ·         Sebuah pemahaman akan proses komunikasi massa.
  3. ·         Pengembangan strategi-strategi yang digunakan untuk menganalisis dan membahas pesan-pesan media.
  4. ·         Sebuah kesadaran akan isi media sebagai 'teks' yang memberikan wawasan dan pengetahuan ke dalam budaya kontemporer amanusia dan diri manusia sendiri.
  5. ·         Peningkatan kesenangan, pemahaman, dan apresiasi terhadap isi media.
  6.  

Berikut adalah tahapan dalam melakukan literasi media, yaitu
1.      Memperoleh  pemahaman dasar. Tahap ini terjadi dalam fase anak balita yang mempelajari benda hidup dan mati, fungsinya, dan juga mulai memahami ekspresi wajah, suara-suara, warna, dan pergerakan.
2.      Penguasaan bahasa. Tahap ini terjadi di masa anak-anak yang mulai mengenali suara orang berbicara dan artinya. Individu juga mampu berbicara dan membuat respon emosi terhadap musik atau suara yang didengar. Di tahap ini, individu mulai mengenali tokoh dalam media visual lalu mengikutinya.
3.      Pemahaman narasi. Di tahap ini individu dapat membedakan fiksi dan nonfiksi. Individu dapat membedakan antara iklan dengan acara uang ditonton, memahai alur acara dan motivasi yang diberikan.
4.      Berkembangnya sikap skeptis. Tahap ini dicapai saat memasuki usia remaja yang sudah memiliki pemahaman tentang rasa suka dan tidak suka terhadap acara, karakter, dan tindakan tertentu.
5.      Perkembangan yang intensif. Individu mulai memiliki motivasi untuk mencari tahu suatu topik secara lebih mendalam. Selain itu, individu juga mampu menggunakan informasi tadi agar menjadi bermanfaat.
6.      Pengalaman menjelajah. Tahap di mana individu semakin sering mengeksplorasi konten media yang dikonsumsi. Ciri-ciri yang menandai tahap ini adalah individu mulai mencari berbagai bentuk konten dan narasi, berfokus pada kejutan dan emosi, nilai moral dan estetika baru.
7.      Apresiasi kritis. Tahap ketika individu mampu menerima dan mengevaluasi pesan dengan cara mereka sendiri. Individu juga mampu membandingkan berbagai pesan di media secara terus menerus.


8.      Tanggung jawab sosial. Di tahap ini individu sudah memiliki berbagai sudut pandang pemahaman. Individu juga menyadari perlu melakukan tindakan yang berdampak terhadap masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar