FADILLAH SATRIO PRADHANA - 14140110462
Literasi media adalah kemampuan untuk mengakses,
menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan isi pesan media. Dari
definisi itu dipahami bahwa fokus utamanya berkaitan dengan isi pesan media.
Elemen utama di dalam literasi media adalah sebagi berikut:
- · Sebuah kesadaran akan dampak media terhadap individu dan masyarakat
- · Sebuah pemahaman akan proses komunikasi massa.
- · Pengembangan strategi-strategi yang digunakan untuk menganalisis dan membahas pesan-pesan media.
- · Sebuah kesadaran akan isi media sebagai 'teks' yang memberikan wawasan dan pengetahuan ke dalam budaya kontemporer amanusia dan diri manusia sendiri.
- · Peningkatan kesenangan, pemahaman, dan apresiasi terhadap isi media.
Berikut adalah tahapan dalam melakukan literasi media,
yaitu
1.
Memperoleh pemahaman dasar. Tahap ini terjadi dalam fase
anak balita yang mempelajari benda hidup dan mati, fungsinya, dan juga mulai
memahami ekspresi wajah, suara-suara, warna, dan pergerakan.
2.
Penguasaan
bahasa. Tahap ini terjadi di masa anak-anak yang mulai mengenali suara orang
berbicara dan artinya. Individu juga mampu berbicara dan membuat respon emosi
terhadap musik atau suara yang didengar. Di tahap ini, individu mulai mengenali
tokoh dalam media visual lalu mengikutinya.
3.
Pemahaman
narasi. Di tahap ini individu dapat membedakan fiksi dan nonfiksi. Individu
dapat membedakan antara iklan dengan acara uang ditonton, memahai alur acara
dan motivasi yang diberikan.
4.
Berkembangnya
sikap skeptis. Tahap ini dicapai saat memasuki usia remaja yang sudah memiliki
pemahaman tentang rasa suka dan tidak suka terhadap acara, karakter, dan
tindakan tertentu.
5.
Perkembangan
yang intensif. Individu mulai memiliki motivasi untuk mencari tahu suatu topik
secara lebih mendalam. Selain itu, individu juga mampu menggunakan informasi
tadi agar menjadi bermanfaat.
6.
Pengalaman
menjelajah. Tahap di mana individu semakin sering mengeksplorasi konten media
yang dikonsumsi. Ciri-ciri yang menandai tahap ini adalah individu mulai
mencari berbagai bentuk konten dan narasi, berfokus pada kejutan dan emosi,
nilai moral dan estetika baru.
7.
Apresiasi
kritis. Tahap ketika individu mampu menerima dan mengevaluasi pesan dengan cara
mereka sendiri. Individu juga mampu membandingkan berbagai pesan di media
secara terus menerus.
8. Tanggung jawab sosial. Di tahap ini individu sudah
memiliki berbagai sudut pandang pemahaman. Individu juga menyadari perlu
melakukan tindakan yang berdampak terhadap masyarakat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar