Senin, 30 Mei 2016

Kepentingan, Tekanan Ekonomi, dan Tanggung Jawab Sosial



Tekanan ekonomi mempengaruhi komunikasi yang dilakukan. Tanggung jawab sosial sering dikalakan oleh kepentingan ekonomi.
Tiga sumber tekanan ekonomi :
1.       Pendukung finansial; inverstor, pemilik, pemasang iklan dan pelanggan.
2.       Para pesaing
3.       Masyarakat/ public secara umum.

Semua media berlomba-lomba membuat tayangan yang kreatif dan menarik perhatian para konsumen. Ekonomi sebagai kunci untuk memahami dan mendekati berbagai masalah, penggusuran arena hidup sosial menjadi urusan individu dan pemindahan regulasi dari arena sosial ke urursan personal.

3 pendorong munculnya neoliberalisme
1.       Berkembangnya perusahaan multinasional
2.       Munclnya rezim internasional yang berfungsi sebagai surveillance system
3.       Revolusi di bidang teknologi komunikasi dan transportasi

Gelombang neoliberalisme ditandai dengan upaya penghapusan regulasi negara atas industri media, walaupun dari satu sisi memang telah membebaskan media dari kontrol negara, namun pada sisi lain akan memperbesar kerentanan media terhadap repsresi rejim capital.
Tanggung jawab sosial adalah kemampuan manusia yang menyadari bahwa seluruh tindakannya selalu mempunyai konsekuensi.

Dalam filsafat kebebasan adalah kemampuan manusia untuk menentukan dirinya sendiri. Kebebasan lebih bermakna positif dan ia ada sebagai konsekuensi dari adanya potensi manusia untuk dapat berpikir dan berkehendak. Sedangkan tanggung jawab menurut filsafat adalah kemampuan manusia yang menyadari bahwa seluruh tindakannya selalu mempunyai konsekuensi. Perbuatan tidak bertanggung jawab adalah perbuatan yang didasarkan pada pengetahuan dan kesadaran yang seharusnya dilakukan tapi tidak dilakukan juga.

Terdapat 5 jenis tanggung jawab sosial yang dikehendaki oleh masyarakat modern dari media, yaitu,
1.       Media harus menyajikan pemberitaan yang benar, komprehensif dan cerdas
2.       Media harus berperan sebagai forum pertukaran pendapat, komentar dan kritik.
3.       Media harus menyajikan gambaran khas dari setiap kelompok masyarakat
4.       Mediaharus selalu menyajikan dan menjelaskan tujuan dan nilai-nilai masyarakat.
5.       Media harus membuka akses ke berbagai sumber informasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar