Selasa, 31 Mei 2016

Privasi dan Konfidensialitas dalam Etika Komunikasi



Privasi dan Konfidensialitas dalam Etika Komunikasi

Pengertian Privasi dan Konfidensialitas :
Ø  Konfidensialitas adalah sebuah status atau keadaan dimana hal-hal tertentu menjadi tertutup bagi pihak-pihak yang tidak seharusnya memiliki akses dan meliputi semua hal yang bersifat lisan maupun tulisan mengenai suatu hal yang terjadi sebelumnya ataupun yang yang direncanakan.
Ø  Privasi sebagai hak untuk dibiarkan atau untuk mengontrol publikasi yang tidak diinginkan tentang urusan personal seseorang. (Menurut Louis Alvin Day dalambukunya “Ethics in Media Communication”)

Privasi dan Konfidensialitas sebagai Nilai

Ada 5 hal yang menjadi alasan mengapa konfidensialitas merupakan nilai yang harus dijaga :
Pertama, kemampuan untuk menyimpan rahasia merupakan perwujudan otonomi individu.
Kedua, setiap orang butuh ruang pribadi. Konfidensialitas mewujudkan ruang pribadi.
Ketiga, konfidensialitas menumbuhkan rasa saling mempercayai.
Keempat, konfidensialitas penting untuk mencegah tindakan menyakiti orang lain.
Kelima, konfidensialitas merupakan sarana mewujudkan tujuan kelompok sosial.

Problematika Privasi dan Konfidensialitas
Ø  Konfidensialitas dapat dilanggar, kecuali dalam praktik dalam praktik jurnalisme.
Ø  Pers atas alas an apapun tidak boleh melanggar konfidensialitas.
Ø  Hal ini akan menjatuhkan kredibilitas media.
Ø  Khusus untuk wartawan, jika ia memegang konfidensialitas maka apa yang di publikasikan menjadi tanggung jawab wartawan tersebut.
Ø  Walaupun kemudian terkena sanksi maka hal tersebut merupakan resiko dari sebuah profesi. 


Pingki Aulia Wahyudin 
14140110293
Etika Filsafat B

Tidak ada komentar:

Posting Komentar