Selasa, 31 Mei 2016

Media Pelayanan Publik, dan Logika Politik; Tanggungjawab Sosial dan Tekanan Politik



Media Pelayanan Publik, dan Logika Politik; Tanggungjawab Sosial dan Tekanan Politik

Media sebagai pelayanan publik adalah sebuah kegiatan yang pemenuhannya harus dijamin, diatur, dan diawasi oleh pemerintah. Hal ini disebabkan karena pemenuhan diperlukan untuk perwujudan perkembangan ke saling tergantungan sosial. Pada hakikatnya, perwujudan sulit terlaksanakan tanpa campur tangan kekuatan pemerintah.
Pelayanan publik mempunyai berbagai bentuk organisasi hukum, baik didalam maupun diluar sector publik. Akan tetapi, media sebagai pelayanan publik sering disalah artikan. Media malah menjadi wadah untuk menyalurkan kepentingan pribadi, yang bertujuan agar publik lebih mengetahui. Hal ini menjadi keluar batas, karena media sebagai pelayanan publik menjadi tidak sesuai. 

Media sebagai tanggungjawab sosial seharusnya dapat menempatkan diri dalam posisi media itu sendiri. Tidak banyak media sekarang yang melewati batas tanggungjawab sosial. Melewati batas tanggungjawab sosial, bisa disebabkan juga oleh tekanan politik. Tekanan politik yang dihadapi oleh media sangat berpengaruh besar. Contohnya jika ada seorang petinggi sebuah partai politik (Aburizal Bakrie), ia dapat mem-blocking media agar tidak memberitakan tentang lumpur Lapindo yang dapat membuat citra nama baiknya turun. 


Pingki Aulia Wahyudin
14140110293
Etika Filsafat B

Tidak ada komentar:

Posting Komentar