Selasa, 31 Mei 2016

Dimensi- Dimensi Etika Komunikasi

DIMENSI- DIMENSI ETIKA KOMUNIKASI

Etika komunikasi berhubungan dengan praktek institusi, hokum, komunitas, struktur sosial, politik, dan ekonomi. Karena dari itulah, etika regulasi dalam bentuk regulasi sangat diperlukan. Tujuannya adalah untuk membantu media agar tetap memiliki kredibilitas sebagai pelayan public.
                        Tiga dimensi etika komunikasi:
1.      Dimensi Aksi Komunikasi.
Dimensi ini merupakan dimensi yang langsung terkait dengan perilaku actor komunikasi. Terdapat 3 prinsip utama deontology jurnalisme, yaitu:
·         Hormat dan perlindungan atas hak warga Negara akan informasi- informasi dan sarana- sarana yang perlu untuk didapatkan.
·         Hormat dan perlindungan atas hak individual lain warga Negara, meliputi hak akan martabat dan kehormatan, hak akan kesehatan fisik dan mental, hak konsumen, hak berekspresi dalam media, dan hak jawab.
·         Ajakan untuk menjaga harmoni masyarakat.
2.      Dimensi Sarana ( polity )
Dimensi ini merupakan dimensi yang focus akan media dan prinsip dasar pengorganisasian praktek penyelenggaraan informasi, termasuk yang mendasari hubungan produksi informasi. Dalam dimensi ini, norma etika sudah harus berupa undang- undang atau hukum.
3.      Dimensi Tujuan ( policy)
Dimensi tujuan merupakan dimensi yang bersangkutan dengan norma demokrasi, terutama pada kebebasan untuk berekspresi dan hak untuk mendapatkan informasi yang benar. Dalam hal ini, Negara harus menjamin terwujudnya nilai kebebasan.


Fransiska Wahyuning// 14140110196

Tidak ada komentar:

Posting Komentar