DIMENSI- DIMENSI ETIKA
KOMUNIKASI
Etika komunikasi
berhubungan dengan praktek institusi, hokum, komunitas, struktur sosial,
politik, dan ekonomi. Karena dari itulah, etika regulasi dalam bentuk regulasi
sangat diperlukan. Tujuannya adalah untuk membantu media agar tetap memiliki
kredibilitas sebagai pelayan public.
Tiga dimensi etika komunikasi:
1. Dimensi
Aksi Komunikasi.
Dimensi
ini merupakan dimensi yang langsung terkait dengan perilaku actor komunikasi. Terdapat
3 prinsip utama deontology jurnalisme, yaitu:
·
Hormat dan perlindungan atas hak warga Negara
akan informasi- informasi dan sarana- sarana yang perlu untuk didapatkan.
·
Hormat dan perlindungan atas hak
individual lain warga Negara, meliputi hak akan martabat dan kehormatan, hak
akan kesehatan fisik dan mental, hak konsumen, hak berekspresi dalam media, dan
hak jawab.
·
Ajakan untuk menjaga harmoni masyarakat.
2. Dimensi
Sarana ( polity )
Dimensi
ini merupakan dimensi yang focus akan media dan prinsip dasar pengorganisasian
praktek penyelenggaraan informasi, termasuk yang mendasari hubungan produksi
informasi. Dalam dimensi ini, norma etika sudah harus berupa undang- undang
atau hukum.
3. Dimensi
Tujuan ( policy)
Dimensi
tujuan merupakan dimensi yang bersangkutan dengan norma demokrasi, terutama
pada kebebasan untuk berekspresi dan hak untuk mendapatkan informasi yang benar.
Dalam hal ini, Negara harus menjamin terwujudnya nilai kebebasan.
Fransiska Wahyuning// 14140110196
Tidak ada komentar:
Posting Komentar