Tekanan Ekonomi dan Tanggung
Jawab Sosial
Saat
ini, media-media yang ada tidak lagi menjalankan fungsinya dengan benar. Fungsi
yang seharusnya diterapkan media adalah sebagai sumber informasi, edukasi, juga
hiburan. Namun dengan adanya tekanan ekonomi, siapapun bisa melakuan apapun, terutama
pada institusi media. Masing-masing perusahaan media saling berlomba untuk
mendapat keuntungan. Media bisa mendapatkan keuntungan dari adanya iklan.
Rating program yang tinggi akan menarik para pengiklan untuk menaruh iklannya
pada program tersebut. Hal utama yang menjadi permasalahan adalah tanggungjawab
media kepada publik untuk mengimplementasikan fungsinya, tidak berjalan dengan
baik.
Sumber tekanan ekonomi:
1.
Pendukung finansial, investor,
pemilik, pemasang iklan, dan pelanggan
2.
Para pesaing
3.
Masyarakat/publik secara umum
Dalam konteks ekonomi politik media,
terdapat 3 tolak ukur sistem sosial politik, yaitu:
1. Peniadaan ketimpangan sosial
dalam masyarakat
2. Pembentukan kesadaran bersama
tentang pentingnya kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi
3. Demokrasi membutuhkan sistem
komunikasi politik yang efektif.
Pelayanan Publik
Media
merupakan wadah yang berperan sebagai pelayanan publik. Pelayanan publik artinya
semua kegiatan yang pemenuhannya harus dijamin, diatur, dan diawasi oleh
pemerintah, karena pemenuhannya diperlukan untuk perwujudan dan perkembangan
pada saling ketergantungan sosial, dan pada hakikatnya pewujudannya sulit
terlaksana tanpa campur tangan kekuatan pemerintah. Dalam definisi itu,
terkandung gagasan untuk meningkatkan solidaritas sosial oleh negara, memerangi
egoisme yang tidak rasional untuk menjamin pemenuhan kebutuhan sosial dalam
rangka pencapaian tujuan kolektif individu.
Prinsip Pelayanan Publik
1. Kontinuitas à Pelayanan tetap
dijalankan (setidaknya pelayanan minimum) meski harus berhadapan dengan hak
pekerja untuk mogok atau kepentingan keuangan perusahaan.
2.
Kesetaraan à Tiadanya diskriminasi
dalam hal ini atau yang mengisi hanya atas dasar identitas dan universalitas
dalam mendefinisikan yang masuk kategori publik dan zona geografis.
3. Adaptif à Selalu mengikuti
perkembangan kebutuhan sosial, bahkan mungkin harus meninggalkan kegiatan
tertentu bila dapat dijamin dan secara sosial bisa diterima oleh pelaku lain.
R. Alca Octaviani
14140110304
Tidak ada komentar:
Posting Komentar