Selasa, 31 Mei 2016

MEDIA, PELAYANAN PUBLIK, dan LOGIKA POLITIK; KEPENTINGAN, TEKANAN EKONOMI, dan TANGGUNG JAWAB SOSIAL.

MEDIA, PELAYANAN PUBLIK, dan LOGIKA POLITIK; KEPENTINGAN, TEKANAN EKONOMI, dan TANGGUNG JAWAB SOSIAL.
Pelayanan public merupakan kegiatan pemenuhan yang semua pemenuhannya harus dijamin, diawasi, dan diatur oleh pemerintah, karena pemenuhannya itu diperlukan untuk untuk perwujudan dan perkembangan ketergantungan sosial. Dalam hal ini, pelayanan public bukan merupakan kepentingan sejumlah pribadi atau swasta dalam mencari keuntungan. Tetapi, kepentingan semua masyarakat untuk terwujudnya ketergantungantungan sosial.

Terkait dengan kepentingan publik, saat ini kebanyakan media yang dimiliki oleh sejumlah penguasa yang mencampuri kepentingan pribadi, masih diambang pertanyaan apakah mereka harus mengikuti kepentingan public atau kepentingan penguasa.

Jika dikaitkan antara kepentingan public dengan tekanan ekonomi, memang saat ini fungsi kepentingan public sudah sedikit tergeserkan dengan adanya tekanan ekonomi yang masih dalam kebingungan antara pengambilan keputusan demi adanya keuntungan dengan menyajikan hal yang diperlukan publik. Tekanan ekonomi disini juga berasal dari 3 hal, yaitu:
·         Pendukung finansial: investor, pemilik, pemasang iklan, dan pelanggan.
·         Para pesaing
·         Masyarakat atau  public secara umum.

Terlepas dari kepentingan public dan tekanan ekonomi, media juga harus memperhatikan tanggung jawab sosial kepada masyarakat. Karena, tanggung jawab sosial merupakan sebuah norma untuk mengelola kebebasan. Kebebasan dalam hal ini merupakan kebebasan pribadi dan orang lain yang harus diperhatikan sesuai dengan kelompok sosial dimana mereka berada.

Fransiska Wahyuning// 14140110196
Sumber:
·         Haryatmoko. 2007. Etika Komunikasi: Manipulasi Media, Kekerasan, dan Pornografi. Yogyakarta: Kanisius.
·         Mufid, Muhammad. 2009. Etika dan Filsafat Komunikasi. Jakarta: Kencana.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar