Tekanan ekonomi mempengaruhi komunikasi
yang dilakukan. Dalam berkomunikasi ada tanggung jawab sosial, walau
kadangkala tanggung jawab sosial tersebut sering dikalahkan oleh
kepentingan ekonomi. Tekanan ekonomi berasal dari tiga sumber, yaitu:
- pendukung finansial: investor, pemilik, pemasang iklan, dan pelanggan.
- Para pesaing.
- masyarakat/publik secara umum.
Pada saat yang sama neoliberalisme
mengidealkan internasionalisasi kekuatan pasar. Bukan hanya mekanisme
pasar harus dipakai untuk mengatur ekonomi sebuah negara, tapi juga
mengatur ekonomi global. Penetrasi pasar internasional dalam dunia
komunikasi Indonesia menjadi lebih tak terhindari terutama mengingat
industri komunikasi amat sarat modal untuk teknologi tinggi.
Hidayat mencatat, keseluruhan
transformasi yang berlangsung dalam sektor media di Tanah Air,
hakikatnya mencerminkan suatu peralihan dari state regulation
menuju market
regulation. Operasi dari
industri media tidak banyak lagi didasarkan atas intervensi negara
tapi pada suatu bentuk mekanisme pasar dan ditentukan oleh
kekuatan-kekuatan pasar. Dalam konteks ini, pengurangan state
regulation sebenarnya bukanlah
'deregulasi', tetapi
lebih sebagai ekspansi 'market regulation'.
Tanggung
jawab ialah kemampuan manusia yang menyadari bahwa seluruh
tindakannya selalu mempunyai konsekuensi. Tanggung jawab merupakan
restriksi dari kebebasan yang dimiliki oleh manusia tanpa mengurangi
kebebasan itu sendiri. Pada umumnya, kelompok sosial tersebut ialah
yang teratur. Artinya mudah diamati dan memiliki struktur relatif
yang jelas.
Media
adalah sesuatu yang unik karena bisnis mereka mengambil keuntungan
tidak langsung dari konsumen tetapi langsung dari pemasang iklan.
Produk media ialah berita, informasi, juga hiburan. Dalam konteks
ekonomi-politik media, ada tiga tolak ukur sistem sosial politik yang
demokratis.
- peniadaan ketimpangan sosial dalam masyarakat.
- Pembentukan kesadaran bersama tentang pentingnya mengutamakan kepentingan bersama diatas kepentingan pribadi.
- Demokrasi membutuhkan sistem komunikasi politik yang efektif.
Tekanan
ekonomi yang timbul dari pengaruh iklan, ada tiga cara yaitu:
- jumlah materi komersil mengurangi spot berita atau hiburan.
- Pembatalan anggaran untuk iklan dari para klien sangat mempengaruhi perekonomian suatu institusi media.
- Pemasang iklan dapat langsung bereaksi bahkan sampai pada penarikan iklan apabila ada sesuatu yang tidak menyenangkan mereka.
14140110359
Tidak ada komentar:
Posting Komentar