Minggu, 29 Mei 2016

Kepentingan, Tekanan Ekonomi, dan Tanggung Jawab Sosial


Tekanan ekonomi mempengaruhi komunikasi yang dilakukan. Dalam berkomunikasi ada tanggung jawab sosial, walau kadangkala tanggung jawab sosial tersebut sering dikalahkan oleh kepentingan ekonomi. Tekanan ekonomi berasal dari tiga sumber, yaitu:
  1. pendukung finansial: investor, pemilik, pemasang iklan, dan pelanggan.
  2. Para pesaing.
  3. masyarakat/publik secara umum.

Pada saat yang sama neoliberalisme mengidealkan internasionalisasi kekuatan pasar. Bukan hanya mekanisme pasar harus dipakai untuk mengatur ekonomi sebuah negara, tapi juga mengatur ekonomi global. Penetrasi pasar internasional dalam dunia komunikasi Indonesia menjadi lebih tak terhindari terutama mengingat industri komunikasi amat sarat modal untuk teknologi tinggi.

Hidayat mencatat, keseluruhan transformasi yang berlangsung dalam sektor media di Tanah Air, hakikatnya mencerminkan suatu peralihan dari state regulation menuju market regulation. Operasi dari industri media tidak banyak lagi didasarkan atas intervensi negara tapi pada suatu bentuk mekanisme pasar dan ditentukan oleh kekuatan-kekuatan pasar. Dalam konteks ini, pengurangan state regulation sebenarnya bukanlah 'deregulasi', tetapi lebih sebagai ekspansi 'market regulation'.

Tanggung jawab ialah kemampuan manusia yang menyadari bahwa seluruh tindakannya selalu mempunyai konsekuensi. Tanggung jawab merupakan restriksi dari kebebasan yang dimiliki oleh manusia tanpa mengurangi kebebasan itu sendiri. Pada umumnya, kelompok sosial tersebut ialah yang teratur. Artinya mudah diamati dan memiliki struktur relatif yang jelas.

Media adalah sesuatu yang unik karena bisnis mereka mengambil keuntungan tidak langsung dari konsumen tetapi langsung dari pemasang iklan. Produk media ialah berita, informasi, juga hiburan. Dalam konteks ekonomi-politik media, ada tiga tolak ukur sistem sosial politik yang demokratis.
  1. peniadaan ketimpangan sosial dalam masyarakat.
  2. Pembentukan kesadaran bersama tentang pentingnya mengutamakan kepentingan bersama diatas kepentingan pribadi.
  3. Demokrasi membutuhkan sistem komunikasi politik yang efektif.

Tekanan ekonomi yang timbul dari pengaruh iklan, ada tiga cara yaitu:
  1. jumlah materi komersil mengurangi spot berita atau hiburan.
  2. Pembatalan anggaran untuk iklan dari para klien sangat mempengaruhi perekonomian suatu institusi media.
  3. Pemasang iklan dapat langsung bereaksi bahkan sampai pada penarikan iklan apabila ada sesuatu yang tidak menyenangkan mereka.

 Bella Fladiner M. F
14140110359

Tidak ada komentar:

Posting Komentar