Jumat, 25 Maret 2016

Tiga Cabang Filsafat Ilmu, Ontologi, Epistimologi, dan Axiologi

Agnes Chyntia - 14140110410


Image result for pengertian filsafat ilmu
3 cabang utama filsafat secara garis besar, yaitu :
1.      Ontologi
ontologi itu lebih menjelaskan tentang ada, tentang objek atau esensi keberadaan sesuatu. Objek yang menjadi kajian dalam ontologi tersebut adalah realita yang ada dan dalam ontologi adalah studi tentang yang ada yang universal, dengan mencari pemikiran semesta universal. Ontologo berusaha mencari inti yang termuat dalam setiap kenyataan atau menjelaskan yang ada dalam setiap bentuknya.
2.      Epistimologi
cabang dari ilmu filsafat tentang dasar-dasar dan batasan-batasan pengtahuan.lebih spesifik dijelaskan bahwa bagaimana kebenaran didapatkan oleh manusia dalam hai ini cara menangkap keberadaan sesuatu dan mengetahui adanya. epistimologi pada dasarnya merupakan satu upaya evaluatif dan kritis tentang pengetahuan (knowledge) manusia.
3.      Axiologi
kegunaan ilmu pengetahuan dalam kehidupan manusia atau kajian tentang nilai khususnya etika. Lebih spesifik makna dari axiologi itu adalah tentang nilai dari adanya sesuatu tersebut. Axiologi itu sendiri terdiri dari 2 cabang ilmu lain yaitu estetika dan etika.
a.  Estetika berhubungan dengan akal, persepsi dan apresiasikeindahan. Hai ini luas danmeliputi segala sesuatuyang berhubungan dengan apresiasi seni dan budaya.
b.   Etika berkaitan dengan moralitas dan nilai-nilai. Etika berusaha untuk memahami dasarmoral, perkembangannya dan bagaimana harus diikuti.
sumber :
  • paper fotocopy BAB 2
  • materi pada slide perkuliahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar