Senin, 28 Maret 2016

BAB III : Filsafat Ilmu Pengetahuan



Filsafat Ilmu Pengetahuan
A.    Pengetahuan dan Pengetahuan Ilmiah
Pengetahuan adalah pemikiran, gagasan, dan pemahaman yang ada pada manusia dan kehidupannya. Sedangkan pengetahuan ilmiah adalah jenis pengetahuan yang memiliki ciri-ciri dan metode serta sistematika tertentu. Oleh karena itu, pengetahuan mempunyai lingkup yang lebih jelas dari pada pengetahuan ilmiah.

B.     Pengetahuan sehari-hari dan pengetahuan Ilmiah
Perbedaan pengetahuan sehari-hari dengan pengetahuan ilmiah adalah, jika pengetahuan sehari-hari dapat berguna untuk kehidupan sehari-hari tapi jika pengetahuan ilmiah berguna untuk kebenaran. Dari sisi metode, pengetahuan sehari-hari tidak menggunakan metode tapi jika pengetahuan ilmiah menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Jika dari sisi bahasa, pengetahuan sehari-hari ambigu, sedangkan pada pengetahuan ilmiah lugas dan terverifikasi.
Berbeda dengan pengetahuan sehari-hari, pengetahuan ilmiah mempunyai tujuan adalah untuk menjelaskan mengapa suatu peristiwa terjadi. Ditegaskan disini adalah menjawab pertanyaan “mengapa” merupakan inti kegiatan ilmiah. Tidak hanya itu, ilmu pengetahuan mempunyai tujuan lain yaitu deskripsi, retrodiksi, prediksi, dan kontrol.

C.     Ciri-ciri Pengetahuan
1.      Metodis
2.      Memiliki sistem
3.      Universal
4.      Objektif
5.      Progresif
6.      Dapat digunakan
7.      Tanpa Pamrih

D.    Metodologi dan Filsafat Ilmu Pengetahuan
Ilmu atau bidang Filsafat membahas tentang cara-cara untuk memperoleh ilmu pengetahuan adalah metodologi. Metodologi adalah mata pelajaran alat yang diperlukan oleh semua bidang ilmu pengetahuan. Dalam metodologi akan membicarakan hal-hal yang bersifat umum (observasi, hipotesis, hukum, teori, langkah eskperimen) tetapi juga dapat bicara mengenai hal yang khusus.

E.     Istilah-istilah yang penting dalam filsafat Ilmu Pengetahuan
1.      Fakta : segala sesuatu yang ada di alam ini
2.      Konsep : abstraksi yang mewakili objek, dan sifat-sifat tertentu.
3.      Definisi Konseptual dan Operasional  : dimana suatu konsep digunakan untuk menjelaskan konsep lain.
4.      Postulat : Konsensus yang diterima secara arbiter.
5.      Asumsi : untuk penolakan terhadap suatu penelitian, tapi biasanya bisa diterima secara begitu saja.
6.      Hipotesis : sebuah pernyataan yang masih belum pasti.

F.      Metode Ilmiah dan Asumsi-asumsi Ilmiah
Metode ilmiah adalah hasil penemuan yang telah diperjuangkan dalam waktu yang lama. Dasar-dasar metode ilmiah sudah muncul sejak masa Yunani, dan dikembangkan oleh Sarjana Muslim pada masa kejayaan.

G.    Logika dan Metodologi
Logika adalah cabang filsafat yang berunding  untuk bagaimana caranya untuk menarik kesimpulan dengan benar. Jika logika berbicara tentang  proses penarikan kesimpulan secara umum, maka metodologi membahas lebih rinci.


Pingki Aulia Wahyudin
14140110293

Tidak ada komentar:

Posting Komentar