Senin, 28 Maret 2016

BAB 3 FILSAFAT ILMU PENGETAHUAN

BAB 3
Perbedaan perbedaan pengetahuan dan pengetahuan ilmiah adalah, pengetahuan adalah keseluhan pemikiran, gagasan, dan pemahaman yang memiliki manusia tenang dunia dan segala isinya, termakksud manusia dan kehidupannya. Sedangkan pengetahuan ilmiah atau ilmu pengetahuan hanya salah satu jenis pengetahuan yang memiliki ciri-ciri khusus. Perbedaannya, seperti perbedaan antara seorang veteran dengan prajurit baru; dan metode ilmiah berbeda dari akal sehat, seperti perbedaan antara serangan prajurit yang memiliki senjata dan teknologi moderen dengan serangan primitif yang bersenjata pentungan.
Tujuan lain dari ilmu pengetahuan yaitu deskripsi/pemaparan, retrodiksi, prediksi, dan kontol. Ciri ilmu pengehatuan / penegtahuan ilmiah menurut Van Melsen sebagai metodis, memiliki sistem, universal, objektif / intersubjektif, progresif, dapat di gunakan, tampa pamrih. Dalam dunia ilmu pengetahuan ada dua model penalaran yang dominan yaitu, induktif dan deduktif. Penalaran induktif penarikan kesimpulan yang bertolak dari sejumlah dara. Deduktif adalah penelaran yang bertolak dari hal-hal umum, lantas menarik kesimpulan. Metodologi adalah ilmu yang membahas tentang berbagai macam metode yang digunakan untuk menemukan teori atau kesimpulan dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan alam, biologi, sosiologi, psikologi, politik, sejarah, sastra dan lain lain. Terkait dengan filsafat ilmu pengetahuan dapat di kelompokkan pada. Filsafat ilmu pengetahuan umum dan khusus.
Istilah-istilah penting dalam filsafat ilmu pengetahuan:
1.       Fakta
2.       Konsep
3.       Definisi konseptual dan operasional
4.       Postulat
5.       Asumsi
6.       Hipotesis
7.       Teori
Metode ilmiah dan asumsi-asumsi ilmiah menurut Soberg dan Nett antara lain. Ada perisiwa atau fenomena yang terjadi berilang kembali atau peristiwa yang mengikuti alur tertentu, ada keyakinan bahwa ilmu pengetahuan adalah lebih utama dari kebodohan, ada keyakinan bahwa pengalaman memberikan dasar yang dapat dipercaya bagi kebenaran ilmu pengetahuan, ada tatanan kausalitas dalam fenomena alam dan fenomena sosial dan manusia.

Klasifikasi ilmu pengetahuan ada yang mempelajari ilmu-ilmu sastra fisio kimiawi, biotik, psikis, khas manusia. Pandangan seputar ilmu pengetahuan, tidak sedikit tokoh yang melahirkan pandangan dan ilmu pengetahuan yang baru. Nama nama pemikir ilmuan itu misalnya Francis Bacon, Copernicus, Galileo, Newton dan Rene Descartes. Salah satu hasil paling penting dari perkumpulan dan lembaga ilmu pengetahuan moderen ini adalah penyebarluasan filsafat alam ke seluruh Eropa. Deisme adalah kepercayaan bahwa Tuhan tidak iku campur dalam urusan alam, karena alam di atur oleh hukum-hukum alam, sedanglan agnotisme adalah sikap ragu Tuhan ada atau tidak, karena itu cenderung untuk tidak membicarakannya sama sekali, sementara ateisme adalah aliran yang tidak mengetahui adanya Tuhan.

Nadia Hersanti
14140110232

Tidak ada komentar:

Posting Komentar