Senin, 28 Maret 2016

Kenyataan Sebenarnya dan Kesan Sepintas

Munculnya Sebuah Kesan
                Demi suatu kesan seseorang menutupi kenyataan yang sebenarnya biasa saja atau bahkan buruk demi mendapatkan suatu kesan cantik. Banyak wanita yang memakai make up atau orang-orang yang melakukan operasi plastik demi memulas wajah yang sebenarnya, agar mendapatkan kesan lebih baik. Sebenarnya, munculnya sebuah kesan didasar dari niat seseorang yang ingin menentukan apa persepsi orang-oranng di sekitar terhadap nya.  
                Sebuah kesan juga dijadikan sebagai sebuah patokan atau dasar untuk menentukan penilaian dan persepsi dan akan muncul kecenderungan, sehingga menimbulan konsekuensi. Sebagai contoh, dalam kasus persepsi orang-orang awam terhadap orang-orang yang berkulit hitamdan bertubuh kekar, pasti akan menimbulkan kesan kejam atau sadis terhadap mereka. Permasalahan yang muncul adalah bahwa kesan muncul dari apa yang seseorang llihat secara visual bukan apa yang seseorang rasakan.
                Faktanya, kesan yang di berikan atas penampilan atau sikap yang  seseorang tunjukan akan menjadi kriteria penilaian atau persepsi itu sendiri. Hal itu mengakibatkan kesan akan tertanam menjadi gambaran dalam benak. Hal ini dapat dilihat bahwa betapa pentingnya suatu kesan di dalam kehidupan seseorang.
                Menapa sebuah kesan sangat penting dalam kehidupan? Kesan diperlukan untuk memberikan suatu gambaran tertentu agar kiranya itulah motif dasar untuk bisa mendapatkan keuntungan dan benefit dalam menjalin hubungan dengan sesama.
Kesan dan Kenyataan
                Kesan belum menjadi penentu sebuah kenyataan. Kalau seseorang hanya berpegang teguh dan mengandalkan sebuah kesan, apalagi kesan sekilas atau dapat disebut sebagai first impression. Karena jika hanya mengandalkan kesan, justru menghambat kita dalam memahami dan mengerti sebuah realitas yang ada.
                Karena itu, kesan dan kenyataan perlu diimbangi agar  memiliki hipotesa sebagai titik dalam usaha mengamati realitas. Untuk iyu terhadap sebuah kesan yang kita dapatkan pun kita harus perlu hati-hati dan secara sehat berpikir sehingga muncul juga sikap kritis.


Gabriella Vanessa - 14140110371

Tidak ada komentar:

Posting Komentar