Selasa, 29 Maret 2016

FILSAFAT YUNANI KUNO.....



Nama : Nur Zukhrufillah
NIM    : 14140110413


  • ZAMAN YUNANI KUNO HINGGA AWAL ABAD XX


    Hakikat Filsafat adalah upaya mencari kebijaksanaan yang mampu memcerahi pengalaman manusia, agar bisa menempatkan diri dan memainkan peranannya secara tepat didalam seluruh kompleksitas pengalaman. salah satu permasalah yang menonjol di bidang filsafat, minimal pada zaman Yunani Kuno (kalau tidak mau menyebutnya sebagai maslah yang tetap relevan samapi saat ini) adalah upaya memahami kenyataan yang ditandai oleh dualitas dari yang satu dan yang banyak.

    Perkembangan ilmu (sains) pada abad XIV merupakan pemicu bergesernya pusat perhatian manusia di dalam upayanya untuk menyatukan pemahamannya mengenai kenyataan. Tokoh-tokoh seperti Kepler dan Galileo meletakkan dasar sain klasik ppada zaman modern, sains model Newton. Maka perkembangan sain modern sangat mempengauhi perkembangan filsafat. Perkembangan ini dipacu lebih cepat lagi dengan Zaman akal budi yang ditandai oleh gerakan pencerahan, pada abad XVII. Dari pembahasan sepintas mengenai sejarah perkembangan filsafat di atas, kiranya ada beberapa hal yang bisa diambil untuk dijadikan alat mengindetifikasi peran filsafat pada umumnya, serta ke dudukannya di antara ilmu-ilmu kontemporer.

 Terdapat tiga faktor yang menjadikan filsafat yunani ini lahir, yaitu:

a)    Bangsa yunani yang kaya akan mitos (dongeng).
b)    Karya sastra yunani yang dapt dianggap sebagai pendorong kelahiran filsafat Yunani.
c)      Pengaruh ilmu-ilmu pengetahuan yang berasal dari Babylonia (Mesir) di lembah sungai Nil.


  • FILSAFAT DAN PERANNYA


           Dari Pembahasan sepeintas mengenai sejarah perkembangan filsafat di atas, kiranya ada beberapa hal yang bisa diambil untuk dijadikan alat mengidentifikasi peran filsafat pada umumnya, serta kedudukannya di antara ilmu-ilmu kontemporer. dari sejarah kita melihat terjadinya pergeseran fokus perhatian dari zaman ke zaman. Filsafat Yunani Kuno menekankan pentingnhya pemahaman mengenai semesta (kosmos) dengan mencari unsur-unsur, prinsip-prinsip, atau sebab-sebab pertama yang mempersatukan seluruh kenyataan. Oleh sebab itu filsafat sebenarnya mempunyai arena seluruh pengalaman dan segala hal yang ada. hanya saja fokus perhatian tentu saja akan berbeda-beda sesuai dengan minat yang diberikan oleh filsuf yang mempraktekannya. luasnya kemungkinan itu bisa ditunjukkan oleh variasi interpretasi terhdap pengertian filsafat. Filsafat bisa dimengerti sebagai pengetahuan mengenai hal-hal yang mendasar sebagai upaya mencari arti hidup, sebagai ilmu tentang ilmu, sebagai kosmologi spekulatif, sebagai teori bahasa atau sebagai teori diskusi kritis. Sehingga filsafat menetahui segalanya tentang ilmu pengetahuan di dunia ini.


Tokoh-tokoh pada masa Yunani Kuno  antara lain, yaitu:
1)    Thales (625-545 SM)                             8) Empledoces (490-435 SM)
2)    Anaxagoras (499-20 SM )                   9) Anaximandros (640-546 SM)    
3)    Democritos (460-370 SM)                    10) Zeno (490-430 SM)
4)    Pythagoras (572-497 SM)
5)    Xenophanes (570 SM)
6)    Heraclitos (535 – 475 SM)
7)    Parmenides (540-475 SM)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar