Senin, 28 Maret 2016

Bab I : Filsafat Sebuah Perkenalan Singkat



Filsafat Sebuah Perkenalan Singkat
A.    Apa itu filsafat?
Istilah filsafat berasal dari bahasa Yunani Kuno yakni Philosophia dan philosophos yang berarti “orang yang cinta pada kebijaksanaan” atau “cinta pada pengetahuan”. Dalam filsafat, kegiatan mencintai pengetahuan/kebijaksanaan itu dengan menpertanyakan secara mendasar dan menyeluruh. Filsafat juga dipahami dengan demikian, sebagai upaya terus-menerus mencari pengetahuan dan kebenaran.
Dalam filsafat, pencarian jawaban atas pertanyaan dilakukan secara terus menerus. Karena itu, sering pula disebut bahwa filsafat adalah sebuah “tanda tanya”, dan bukan “tanda seru”. Artinya filsafat adalah sebagai upaya pencarian akan kebijaksanaan atau pencarian pengetahuan yang tidak selesai.
Bertrand Russel melihat filsafat sebagai wilayah tak bertuan, yang berada diantara sains dan teologi. Adapun Jaques Maritain menganggap filsafat sebagai upaya memahami ide-ide, konsep-konsep atau sistem pemikiran.

B.     Dari Mitos ke Logos
Bertanya dan mencari jawaban atas pertanyaan tersebut sudah dilakukan oleh para filsuf selama ribuan tahun. Pertanyaan filosofis itu ada saat manusia menyadari bahwa dirinya beda dengan alam. Pada alam pikiran mistis (pra-logis), manusia, alam, tumbuhan, dan binatang digolongkan satu kelas. Alam dianggap memiliki kekuatan (jiwa) yang disebut anima. Pandangan pra-logis (mistis) ini disebut dengan hylozoisme.  Pada tahap ini, manusia mulai mempertanyakan alam dan dirinya. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa filsafat di Yunani diawali dengan munculnya pemikiran yang mempertanyakan asal-mula alam (kosmologi).

C.    Periodisasi Filsafat Barat
Secara historis, fisafat barat dapat dibagi dalam beberapa periode:
1.      Periode Yunani(600 SM = 400 M). Filsafat umumnya dibagi dua. Pertama, masa pra-Socrates dan Kedua, masa Yunani Klasik. Pada masa pra-Socrates filsafat bercirikan (beriorientasi) kosmosentris.
2.      Periode Abad Pertengahan (400-1500 M). Dibagi dua zaman yakni zaman Patristik dana zaman Skolastik. Setelah berkembangnya agama Kristen di Barat, pemikiran filsafat berpusat pada ajaran-ajaran agama Kristen sehingga disebut teosentris.
3.      Periode Modern. Ada masa Renaisans(abad ke-14 hingga 17) dan masa Pencerahan (abad ke-18)
4.      Periode Post Modern atau Kontenporer

D.    Pemetaan Cabang Filsafat
Pencabangan filsafat terkait dengan perkembangan sejarah dan prinsip, dan pembagian oleh filsuf. Aristoteles mengelompokkan bidang  ini pada tiga bagian:
1.      Filsafat spekulatif/ilmu-ilmu teoritis
2.      Filsafat praktis
3.      Filsafat ilmu produktif

Secara umum, pembagian atau pemetaan bidang filsafat tersebut dalam kajian filsafat bisa dikelompokkan menjadi tiga bidang, yaitu :
1.      Ontologi, cabang filsafat yang membahas atau membicarakan masalah “ada”/”realitas”. Sub-cabang dari ontologi adalah metafisika.
2.      Epistemologi, cabang ilmu filsafat yang mengkaji mengenai hakikat pengetahuan atau dengan kata lain epistemologi membahas persoalan darimana pengetahuan berasal dan sumber pengetahuan itu.
3.      Aksiologi, cabang filsafat yang membahas tentang sebuah nilai. Nilai dalam pengertian etis dan estetis.

E.     Filsafat, Ilmu Pengetahuan dan Agama
Perbedaan kajian dengan ilmu pengetahuan ialah, jika filsafat mengkaji manusia disebut objek atau material. Sementara ilmu pengetahuan mengkajimanusia secara menyeluruh.
Setelah mengetahui perbedaan kajian dan ilmu pengetahuan, sekarang kita akan mengetahuan tentang apa perbedaan antara filsafat dan agama. Jika filsafat bersumber  dari pengalaman dan radio, maka agama bersumber dari iman. Meskipun seperti itu, bukan artinya kita tidak dapat menggunakan rasio dalam kehidupan beragama.
            Tidak hanya ada perbedaan, tapi ada persamaan antara filsafat, ilmu pengetahuan dan agama adalah ketiga-tiganya sama untuk mencari sebuah kebenaran, tetapi mereka berasal dari dasar yang berbeda.

F.     Ciri Berpikir Filsafat
Berpikir secara filosofis adalah berpikir secara tegas, dengan adanya pertimbangan penalaran dan penarikan kesimpulan. Dalam berfikir filsafat sangatb ditekankan adanya kejelasan, keruntutan, konsistensi dan sistematika. Ada juga berpikir secara filosofis, berfikir secara filosofis ditandai dengan pemikiran yang menyeluruh, dalam artian melihat sesuatu secara utuh. Berpikir secara filosofis adalah memberikan penjelasan tentang dunia, manusia, dan segala sesuatu dan termasuk juga tentang cara manusia mengetahui.
Ciri Berpikir Filsafat :
1.      Radikal
2.      Komprehensif
3.      Sistematis
4.      Kritis
5.      Koheran               

G.    Cara Belajar Filsafat
Menurut  Marx B. Woodhouse :
1.      Sikap batin mendukung terjadi komunikasi secara efektif
2.      Harus mempunyai keterampilan  yang dikembangkan dalam praktik.
3.      Harus “belajar filsafat” dan “berfilsafat” sekaligus.
4.      Hindari bersifat kekeuh dengan pendapat pribadi.
5.      Jangan mencampir antara “argument filosofis” dengan “praktik psikologi”
6.      Sisi kritis dan konstruktif
7.      Mempertimbangkan kekuatan kritik.

H.    Metode Filsafat
Para pakar mengatakan bahwa filsafat merupakan upaya pencarian kebenaran dan pencerahan. Dengan adanya suatu pencarian, maka ada juga metode yang digunakan. Metode tersebut seperti, “metode kritis”, “metode intuitif”, “metode skolastik”, “metode geometri”, “metode empiris”, “metode transendental”, “metode dialektis”, “metode fenomenologi”, dan “metode analisis bahasa”.
Selain metode diatas, ada juga metode strukturalis, dekonstruksi, post-strukturalis, semiotika, analisis wacana dan lain-lain. Filsafat memerlukan banyak metode karena filsafat bertugas “menerjemahkan” atau menginterpretasikan segala bentuk pengalaman manusia.

I.       Manfaat Belajar Filsafat
Tidak jarang filsafat dianggap terlalu abstrak, masih mengawang, namun sebenarnya filsafat mempunyai manfaat praktis yang cukup luas dan berjangka panjang. Belajar filsafat secara dalam juga dapat membentuk seorang pembelajar berpikir kritis, yang berarti kita tidak begitu saja menerima begitu saja sebuah pendapat.


Pingki Aulia Wahyudin
14140110293

Tidak ada komentar:

Posting Komentar