Rabu, 30 Maret 2016

BAB 3 FILSAFAT ILMU PENGETAHUAN

Pengetahuan dan Pengetahuan Ilmiah 
            Pengetahuan adalah keseluruhan pemikiran, gagasan, dan pemahaman yang dimiliki manusia tentang dunia dan segala isinya, termasuk manusia dan kehidupannya.  Dalam perkembangan selanjutnya, kita mengenal bermacam-macam jenis pengetahuan (pengetahuan agama, pengetahuan sehari-hari, pengetahuan ilmiah). Sedangkan pengetahuan ilmiah merupakan jenis pengetahuan yang memiliki ciri-ciri dan metode serta sistematika tertentu . Dengan demikian, cukup jelas bahwa pengetahuan (knowledge) lebih luas dari pengetahuan ilmiah (science). Pengetahuan ilmiah atau ilmu  pengetahuan hanya salah satu jenis pengetahuan yang memiliki ciri-ciri khusus.

Pengetahuan Sehari-hari dan Pengetahuan Ilmiah (Ilmu Pengetahuan)
            Pengetahuan sehari-hari adalah bentuk pengetahuan yang digunakan untuk kepentingan sehari-hari. Karena itu, disebut juga dengan pengetahuan eksistensial.
Berbeda dengan pengetahuan sehari-hari, tujuan ilmu pengetahuan/pengetahuan ilmiah adalah (1) untuk menjelaskan mengapa uatu peristiwa terjadi. Di samping untuk menjelaskan fenomena alam, tujuan lainnya dari ilmu pengetahuan, yaitu (2) deskripsi/pemaparan, (3) retrodiksi, (4) prediksi, dan (5) kontrol (Sudarminta, 2002).

Ciri Ilmu Pengetahuan/Pengetahuan Ilmiah
            Berdasarkan penjelasan sebelumnya dapat dikatakan bahwa ilmu pengetahuan (pengetahuan ilmiah) adalah pengetahuan yang memiliki ciri-ciri tertentu serta cara (metode) bagaimana memperoleh dan membuktikan kebenarannya.

 Metodologi dan Filsafat Ilmu Pengetahuan
            Ilmu atau bidang filsafat yang membahas tentang cara-cara untuk memperoleh ilmu pengetahuan disebut metodologi. Metodologi (juga logika) termasuk bidang yang disebut dengan “tool studies”atau mata pelajaran mengenai “alat”, maksudnya mata pelajaran itu berguna sebagai “alat” bagi pelajaran lain.


Terkait dengan filsafat ilmu pengetahuan, filsafat ilmu pengetahuan dapat dikelompokkan pada (1) filsafat ilmu pengetahuan umum dan (2) filsafat ilmu pengetahuan khusus. Berhubungan dengan definisi, maka filsafat ilmu pengetahuan dapat dimengerti sebagai refleksi mendasar dan kritis tentang hakikat ilmu pengetahuan itu sendiri. 

Fadillah Satrio Pradhana - 14140110462

Tidak ada komentar:

Posting Komentar