Senin, 28 Maret 2016

Filsafat Ilmu Pengetahuan

Pengetahuan adalah keseluruhan pemikiran, gagasan, dan pemahanman yang dimiliki manusia tentang dunia dan segala isinya, termasuk manusia dan kehidupannya.
Pengetahuan ilmiah  merupakan jenis pengetahuan yang memiliki ciri-ciri dan metode serta sistematika yang tertentu. Cukup jelas, bahwa pengetahuan lebih luas daripada pengetahuan ilmiah. Dapat dipahami, bahwa pengetahuan ilmiah merupakan bagian dari pengetahuan itu sendiri.
Pengetahuan sehari-hari sudah ditinggalkan dan menjadi pengetahuan ilmiah. Apabila pengetahuan ilmiah di verivikasi berulang-ulag maka hasilnya serupa dengan hasil penelitian sebelumnya, maka kita dapat memberikan penjelasan bahwa yang kita lakukan sudah berdasar dan sudah terverivikasi.
Ada tiga model mengetahui, yaitu : tahu bahwa, tahu bagaimana, tahu akan mengenai, dan tahu mengapa. (Fay, 2002: 9)
Ciri dari ilmu pengetahuan adalah pertama anggapan bahwa pengetahuan berlaku umum , kedua ilmu pengetahuan memiliki kedudukan mandiri dalam mengembangkan norma—norma ilmiah, ketiga pengetahuan ilmiah mempunyai dasar pembenaran , dan keempat pengetahuan ilmiah bersifat sistematik, terakhir kelima pengetahuan ilmiah bersifat objektif (Beerling, 1986: 4-8)

Ilmu sendiri dibagi menjadi tiga : ilmu alam, Ilmu sosial budaya, dan ilmu terapan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar