Senin, 28 Maret 2016

Filsafat Ilmu: Filsafat Ilmu Pengetahuan

Pengetahuan adalah persepsi subyek atas obyek, sedangkan Ilmu pengetahuan adalah akal sehat yang tertata. Pengetahuan adalah seluruh pemikiran, gagasan, dan pemahaman yang dimiliki manusia tentang dunia dan segala isinya, termasuk manusia dan kehidupannya.
            Pengetahuan ilmiah merupakan jenis pengetahuan yang memiliki metode dan sistematika tertentu. Pengetahuan ilmiah lebih sempit dibandingkan pengetahuan, dan berada di dalam pengetahuan.
            Ketika manusia tidak lagi bisa menyelesaikan masalahnya melalui pengetahuan pra-ilmiah, pengetahuan ilmiah ini gantinya. Jika pengetahuan ilmiah telah diuji berulang kali, maka terverfikasilah pengetahuan ini.
            Ada tiga model mengetahui, yaitu:
1.      Tahu bahwa
2.      Tahu bagaimana
3.      Tahu akan mengenai
4.      Tahu mengapa
Ciri ilmu filsafat yang membedakannya dengan ilmu lain adalah filsafat membahas ilmu secara synopsis (menyeluruh), filsafat itu mendasar (radikal) atau membahas tuntas dari awal, filsafat selalu menanyakan sesuatu di balik persoalan yang dihadapi atau dipelajar oleh ilmu (spekulatif) tersebut, menetapkan dan mengendalikan pikiran rasional dan berusaha mencari kebenaran.
Beberapa aliran filsafat yang merupakan pemikiran para filosop dan berkembang dalam masyarakat dan mempraktekkannya:
1.      Empirisme, yaitu menekankan pada pengalaman dan penghayatannya terhadap dunia dan kehidupan.
2.      Rasionalisme, yaitu pemikiran dan pertimbangan terhadap akal sehat.

3.      Idealisme, yaitu pemikiran berdasarkan ide, materi, dan perkembangan jiwa dan raga.

CINDY
14140110101

Tidak ada komentar:

Posting Komentar