Senin, 28 Maret 2016

Filsafat: Sebuah Perkenalan Singkat

Filsafat: Sebuah Perkenalan Singkat
Apa yang dimaksud dengan filsafat? Filsafat merupakan aktivitas dalam mencari pengetahuan guna memenuhi rasa ingin tahunya. Istilah filsafat yang asalnya dari bahasa Yunani Kuno, yaitu philosophia dan philosophos dengan makna “orang yang cinta pada kebijaksanaan” atau “cinta pada pengetahuan”.
Dalam filsafat, ada pertanyaan yang memiliki banyak jawaban dan mencari tahu secara menyeluruh sampai mendasar. Oleh karena itu, filsafat ialah usaha yang berkesinambungan dalam mencari pengetahuan dan kebenaran. Filsafat sesuai dengan metode berpikir kritis dan kreatif.
Menurut Herbert Spencer, filsafat dinyatakan sebagai “a completely unified knowledge” (yang ia bedakan dengan science (ilmu) sebagai “partially unified knowledge”). Adanya pemaparan tentang paradigm manusia yang terpisah menjadi suatu keseluruhan.
Menurut Bertrand Russell, filsafat dilihat sebagai wilayah tak bertuan, yang berada di antara sains (ilmu pengetahuan) dan teologi, yang terbuka terhadap serangan keduanya.
Menurut Jacques Maritain, filsafat dianggap sebagai upaya memahami ide-ide, konsep-konsep atau sistem pemikiran yang berkembang dari proses bertanya dan dilihat sebagai “pemikiran tentang pemikiran” (thinking about thinking).
Bagaimana cara mempelajari filsafat? Menurut Marx B. Woodhouse, perlu empat sikap batin yang mendukung terjadinya komunikasi secara efektif, antara lain:
1.      Keberanian untuk menguji secara kritis hal-hal yang kita yakini.
2.      Kesediaan untuk mengajukan hipotesis-hipotesis tentative dan untuk memberikan tanggapan awal terhadap suatu pernyataan filsafat (termasuk pertanyaan dan tanggapan yang terkadang kelihatan aneh sekalipun).
3.      Kesediaan untuk menempatkan tekad pencarian kebenaran di atas kepuasan diri sendiri karena telah “menang” dalam suatu perdebatan atau kekecewaan karena “kalah”.
Kemampuan untuk memisahkan sikap/pandangan atau konflik pribadi karena ketidakmampuan memisahkan hal yang “pribadi” ini akan membuat kekaburan berpikir dan menghambat diskusi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar