Senin, 28 Maret 2016

Filsafat Ilmu: Sebuah Perkenalan Singkat

Filsafat berasal dari bahasa Yunani Kuno, yakni Philosophia dan Philosophos yang berarti “orang yang cinta pada kebijaksanaan”. Dalam filsafat, kegiatan memperdalam pengetahuan itu dilakukan dengan mempertanyakan sesuatu secara mendasar dan menyeluruh. Filsafat dipahami sebagai upaya untuk mencari pengetahuan dan kebenaran.

            Terdapat beberapa pengertian yang dapat digunakan untuk memahami apa itu filsafat, yaitu:
1.      Filsafat sebagai upaya spekulatif untuk menyajikan suatu pandangan sistematik serta lengkap tentang seluruh realitas.
2.      Filsafat sebagai upaya untuk melukiskan hakikat realitas pada realitas paling akhir serta paling dasar yang diakui sebagai satu hal yang nyata.
3.      Filsafat sebagai upaya untuk menentukan batas-batas dan jangkauan pengetahuan.
4.      Filsafat sebagai hasil dari sebuah penelitian kritis atas pengandaian dan pernyataan yang diajukan dari berbagai bidang ilmu pengetahuan
5.      Filsafat sebagai disiplin ilmu yang berupaya untuk membantu dalam menyatakan apa yang dikatakan dan untuk mengatakan apa yang dilihat (Bagus, 1992: 242).

Ada pula beberapa filsuf lain yang mencoba mendeskripsikan filsafat, yaitu:
1.      Bertrand Russel melihat filsafat sebagai wilayah tak bertuan, berada di antara sains dan agama.
2.      Jacquaes Maritain melihat filsafat sebagai “pemikiran tentang pemikiran”, filsafat berfokus pada teori dan pembahasan tentang ilmu pengetahuan, bukan fenomenanya.
Alam dianggap memiliki jiwa yang disebut anima. Pandangan mistis ini disebut hylozoisme. Pandangan ini kemudian digantikan karena perbedaan antara manusia dengan alam (ontologis).
Tokoh filsafat Yunani abad keenam SM mulai memberikan penjelasan mengenai masalah yang didasarkan pada argument rasional, setelah sebelumnya tidak. Oleh karena itu, disebut pula kelahiran filsafat disebabkan logos yang menggantikan rasio.
            Ada empat periode filsafat, yaitu:
1.      Filsafat Yunani
2.      Filsafat Abad Pertengahan
3.      Filsafat Modern

4.      Filsafat Postmodern

CINDY
14140110101

Tidak ada komentar:

Posting Komentar