Jumat, 25 Maret 2016

Apa itu Filsafat Ilmu?

Image result for pengertian filsafat ilmu

Agnes Chyntia - 14140110410


Apa itu Filsafat Ilmu?
Filsafat ilmu adalah bagian dari filsafat yang menjawab beberapa pertanyaan mengenai hakikat ilmu. Bidang ini mempelajari dasar-dasar filsafat, asumsi dan implikasi dari ilmu, yang termasuk di dalamnya antara lain ilmu alam dan ilmu sosial.

sebelum mengerti arti filsafat ilmu yang sebenarnya, kita terlebih dahulu perlu mengetahui perbedaan antara pengetahuan (knowledge) dengan pengetahuan ilmiah (science)

  • pengetahuan : seluruh pemikiran, gagasan dan pemahaman yang dimiliki manusia tentang dunia dan segala isinya, termasuk manusia dan kehidupannya.
  • pengetahuan ilmiah : jenis pengetahuan yang memiliki ciri-ciri dan metode serta sistematika tertentu. ciri-ciri tersebut antara lain pengetahuan ilmiah memiliki dasar pembenaran dan pengetahuan ilmiah bersifat sistematika dan objektif.
dengan demikian, pengetahuan lebih luas daripada pengetahuan ilmiah.

filsafat ilmu pengetahuan sendiri memiliki kaitan dengan metodologi, karena metodologi adalah mata pelajaran alat yang diperlukan oleh semua bidang ilmu pengetahuan. terkait dengan filsafat ilmu pengetahuan, filsafat ilmu pengetahuan dikelompokkan menjadi filsafat ilmu pengetahan umum dan khusus. 

  • filsafat ilmu pengetahuan umum membahas problem filsafat ilmu yang terdapat pada ilmu pengetahuan pada umumnya.
  • filsafat ilmu pengetahuan khusus membahas problem filsafat yang berada dalam kelompok ilmu tersebut
dalam filsafat ilmu pengetahuan, terdapat beberapa istilah penting yaitu :
1. fakta : segala sesuatu yang berada di alam ini
2. konsep : abstraksi yang mewakili objek, sifat-sifat atau fenomena tertentu
3. definisi konseptual dan operasional : definisi yang menggunakan konsep-konsep tertentu untuk mendefinisikan konsep lain.
4. postulat : dasar atau fundasi dalam ilmu pasti
5. asumsi : anggapan yang menjadi titik tolak penelitian
6. hipotesis : pernyataan dalam bentuk fundasi atau pengandaian. atau dengan kata lain, fundasi merupakan pernyataan yang dipakai sebagai jawaban atau penjelasan sementara yang kebenarannya harus dibuktikan melalui konfirmasi faktual

sumber :
  • fotocopy paper BAB 3 halaman 63.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar