Jumat, 25 Maret 2016

FILSAFAT : SEBUAH PERKENALAN SINGKAT

Fellisia
14140110205

sumber gambar : google

Ini adalah minggu pertama saya dan pertemuan pertama saya dengan filsafat.  Awal mulanya saya sudah memandang bahwa, pembelajaran filsafat adalah hal yang sangat rumit dan susah dipahami. Setelah dosen  menjelaskan apa itu filsafat dan definisi filsafat sebenarnya,  baru saya mulai pelan-pelan mengerti dan menyukai mata kuliah etika dan filsafat komunikasi. Dosen menerangkan filfasat dengan contoh-contoh yang mudah dipahami. Apa itu filsafat ? filsafat adalah rasa ingin tahu, heran, bertanya-tanya, mempersoalkan, yang mana sebab dan akibat. Pemikiran seperti itulah yang harus kita tanam saat ingin mempelajari filsafat. Mempertanyakan hal-hal yang mendasar terlebih dahulu. Istilah filsafat berasal dari Bahasa Yunani. Philosophia dan philosophos yang berarti “orang yang cinta pada kebijaksanaan”.

Apa-apa saja yang dipelajari di filsafat? Filsafat mempelajari alam, manusia, dan Tuhan.  Mempertanyakan hal-hal yang mendasar untuk mencari pengetahuan dan kebenaran. Oleh karena itu, pembelajaran filsafat berdampingan dengan cara atau metode berpikir yang mempertanyakan sesuatu secara kritis dan mendasar,  

Karena filsafat selalu mempertanyakan hal yang mnedasar, maka muncullah pembahasan-pembahasan mengenai asumsi-asumsi dasar yang berhubungan dengan filsafat sosial, filsafat politik, filsafat ekonomi, filsafat  pengetahuan dan yang lain-lainnya.

sumber gambar : google

Filsafat sendiri memiliki periode. Pertama periode yunani. Periode ini terjadi pada 600 tahun sebelum masehi hingga 400 tahun masehi.pemikiran filsif dijaman itu berkaitan dengan pertanyaan tentang alam terbuat dari apa alam itu.  Dan sampailah pada kesimpulan bahwa, alam itu merupakan satu susan yang teratur dan harmonis. Thales, Pythagoras, Heraclitos, para filsuf ini yang berpikiran seperti itu.

Selanjutnya periode abad pertengahan, periode ini bermula pada 400 hingga 1500 tahun masehi. Pada masa ini kebebasan berpikir merek dikembangakn melalui tradisi Yunani yang mengalami kemerosotan. Orang-orang pada periode ini hanya boleh memikirkan sejauh yang telah ditentukan oleh pemimpin gereja. Filsafat dan pengetahuan pada era ini hanya ditujukan sebagai alat untuk mengabdi pada teologi Kristen. Pada periode ini, filsuf umumnya percaya kepada kebenaran sejati hanya ada pada kitab suci atau injil saja.

Berikutnya periode Modern, periode ini berawal pada abad 14 hingga 17.  Para periode ini disebut, zaman pencerahan.  Pada periode ini menghasilkan banyak pemikiran yang sangat berpengaruh bagi seluruh aspek kebudayaan modern. Pada masa ini muncullah dimana kebesan berpikir itu diijinkan. Di zaman ini juga mengalami banyak perubahan, mengubah paradigm berpikir dari paradigm teologi hingga paradigm ilmiah.

Yang terakhir periode postmodern atau kontemporer. Postmodern berarti, filsafat atau pemikiran yang telah berkembang sesudah atau mengatasi era Modern. Hal ini dapat diartikan sebagai, perpaduan pemikiran dan kebudayaan klasik, modern dan postmodern ke dalam cara berpikir atau kebudayana baru. Didalam era ini, postmodern ilmu pengetahuan yang tidak memiliki tujuan untuk dirinya sendiri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar