Senin, 21 Maret 2016

Susanne K. Langer

 Susanne Katherina Langer adalah seorang ahli filsafat Amerika yang lahir pada 20 Desember tahun 1895. Pada  pertengahan abad ke 20, ia meneliti tentang pikiran dan seni karena terpengaruh dari sesama ahli filsafat yaitu Ersnt Cassirer dan Alfred North Whitehead.
 Salah satu teori temuannya yang terkenal dan sangat bermanfaat dalam dunia ilmu komunikasi adalah Teori Simbol. Dalam hal ini, Langer menilai bahwa symbol adalah hal penting yang mendasar, karena simbol menjadi penyebab semua pengetahuan dan pengertian yang dimiliki manusia. Perbedaan antar manusia dengan hewan atau binatang adalah perasaan. Perasaan manusia diperantarai oleh konsep, symbol, dan bahasa. Sedangkan, binatang hanya diatur oleh perasaan, itu penyebab mengapa binatang hanya bisa merespon dengan tanda atau simbol. 
Suatu tanda adalah suatu stimulus, contoh:
  • Matahari bersinar cerah, bertanda hari yang cerah.
  • Matahari tenggelam bertanda hari mulai malam.
  • Lampu lalulintas berwarna hijau, bertanda Jalan.

Hubungan yang sederhana seperti ini disebut signifikasi. Signifikasi adalah makna yang dimaksudkan dari tanda. Sedangkan, simbol adalah suatu instrument dari pikiran.

Dalam teori ini, banyak sekali dikemukan sejumlah konsep dan istilah yang biasa digunakan dalam ilmu komunikasi, sehingga teori ini dapat menjadi tolak ukur munculnya tradisi semiotika. Konsep dasar yang memunculkan tradisi ini adalah tanda yang didefinisikan sebagai suatu stimulus. Tradisi semiotika memiliki beberapa variasi, yaitu:

a)      Semantik
Semantik berbicara mengenai bagaimana tanda- tanda dihubungkan dengan yang ditunjukkan atau apa yang ditunjukkan oleh tanda- tanda.

b)      Sintaktik
Mengacu ada aturan- aturan yang orang kombinasikan dengan tanda- tanda sehingga menjadi suatu makna yang kompleks.

c)      Pragmatik
Membuktikan atau memperlihatkan bagaimana tanda- tanda membuat perbedaan kehidupan manusia dan akibata atau pengaruh tanda dalam kehidupan sosial.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar