Senin, 28 Maret 2016

PENGENALAN SINGKAT FILSAFAT

Filsafat berasal dari bahasa Yunani kuno yakni Philosiphia dan Philosophos berarti orang yang cinta pada kebijaksanaan atau cinta pada pengetahuan. Pythagoras yang menggunakan istilah istilah filsafat pertama kali pada abad-6 sebelum masehi. Dalam filsafat, kegiatan mencintai pengetahuan/kebijaksanaan itu dilakukan dengan mempertanyakan sesuatu secara dasar dan menyeluruh. Sebagai upaya terus menerus memperolah kebenaran dan pengetahuan. Filsafat identik dengan mempertanyakan segala sesuatu yang secara kritis dan mendasar.

Contoh : mengapa benda ini disebut penghapus? , apakah yang akan kita makan hati ini? , apakah manusia sama dengan alam atau tidak?

Beberapa pengertian yang dapat digunakan untuk memahami apa itu filsafat :

  1.   Filsafat sebagai upaya spekulatif dalam menyajikan suatu pandangan sistematik serta lengkap tentang seluruh realitas, Herbert Spencer, misalnya, menyatakan filsafat sebagai " a completely unfied knowledge".
  2.  Filsafat sebagai upaya untuk melukiskan hakikat realitas paling akhir serta paling dasar yang diakui sebagai satu hal yang nyata.
  3. Filsafat sebagai upaya untuk menentukan batas - batas dan jangkauan pengetahuan, hakikat pengetahuan, keabsahan serta nilai - nilainya.
  4.  Filsafat sebagai hasil suatu penelitian kritis atas pengandaian - pengandaian dan pernyataan - pernyataan yang diajukan dari berbagai bidang ilmu pengetahuan
  5. Filsafat sebagai disiplin ilmu yang berupaya untuk membantu kita untuk menyatakan apa yang kita katakan dan mengatakan apa yang kita lihat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar