Kamis, 24 Maret 2016

Filsafat Ilmu Secara Mendalam

Review Pertemuan 3 – Novita Andriyani 14140110203

Melanjutkan dari pembahasan dalam pertemuan 2, kita akan memperdalam pemahaman dalam lingkup filsafat ilmu. Seperti yang kita ketahui, cabang ilmu filsafat beragam bentuknya. Ada estetika, metafisika, etika, logika, dan masih banyak lagi. Bagaimana cara membedakan antara satu cabang dengan cabang lainnya? Kita bisa melihat dari aspek formal. Apa itu aspek formal? Aspek formal adalah sudut pandang/kajian/ perspektif mengenai suatu hal. Sudut pandang antara estetika dan etika tentulah berbeda, mungkin aspek materialnya bisa sama, yaitu manusia. Tetapi cara masing-masing cabang ilmu filsafat melihat manusia itulah yang membedakan keduanya.

Filsafat ilmu sendiri dibagi menjadi 3 bagian utama:

Ontologi membahas tentang apa yang ingin kita ketahui. Biasanya ontologi diawali dengan pertanyaan ‘kenapa?’. Contoh: kenapa kursi bisa ada? Kenapa alfabet bisa ada?

Epistimologi mempermasalahkan metodenya yaitu cara menguji kebenarannya. Biasanya epistimologi diawali dengan pertanyaan ‘bagaimana?’. Contoh: bagaimana ayam bisa ada?

Asiologi membahas teori tentang nilai kegunaan sesuatu. Biasanya asiologi diawali dengan pertanyaan ‘apa?’. Contoh: apa kegunaan dari mobil?

(Sumber: http://previews.123rf.com/images/burakowski/burakowski1202/burakowski120200230/12221937-Grunge-Facts-stamp-Stock-Vector-fact.jpg)

Sebenernya apa yang terlebih dahulu ada? Fakta atau data? Tentunya fakta terlebih dahulu. Tanpa adanya, maka data tidak akan muncul. Data itu terbuat dari kumpulan fakta yang ditemukan baik dalam pikiran maupun yang dilihat secara nyata.

(Sumber: http://previews.123rf.com/images/radiantskies/radiantskies1211/radiantskies121101056/16488984-Abstract-word-cloud-for-Epistemology-with-related-tags-and-terms-Stock-Photo.jpg)

Kata epestime berarti pengetahuan. Pengetahuan itu didapat dari kenyataan dan kepercayaan. Ada beberapa sumber untuk mendapatkan sebuah pengetahuan:
1. Pengalaman Indera
2. Nalar
3. Otoritas
4. Intuisi
5. Wahyu
6. Keyakinan

Sumber: Pembahasan bersama dalam perkuliahan hari Selasa, 1 Maret 2016.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar