Jumat, 25 Maret 2016

BAB 1 - PENGERTIAN FILSAFAT


Nama: Nabella Aprilia
Nim   : 14140110412
BAB 1 FILSAFAT: SEBUAH PERKENALAN SINGKAT 

         Bab pertama dari buku ini akan memberikan pengenalan singkat tentang filsafat, sebagai pembuka di awal bab ini, akan dibahas tentang pengertian filsafat. pengenalan perihal apa itu filsafat, setidaknya akan membantu pembaca untuk memahami dan membedakan filsafat dengan bebrbagai bidang ilmu lainnya. pembahasan lainnya adalah seperti periodisasi filsafat (barat) dan ciri berfikir filsafat. dengan adanya pemaparan mengenai kedua hal ini, ini akan menunjukan kepada pembaca sekalian bahwa filsafat sudah ada atau sudah dimuali sejak ribuan tahun yang lalu dan menunjukan bahwa filsafat adalah bukanlah aktivitas "semau-maunya" melainkan ada ciri yang menentukan sesuatu itu disebut berfikir seacara filsafat (filosofis).

       Apa itu filsafat? istilah filsafat berasal dari bahasa Yunani Kuno yakni philosophia dan philoshopos yang berarti "orang yang cinta kebijaksanaan" atau"cinta pada pengetahuan". adalah pythagoras yang diduga menggunakan istilah filsafat pertama kali pada abad ke-6 SM. istilah itu muncul ketika masyarakat Yunani mengagumi kecerdasannya dan menggap dirinya sebagai ilmuan yang tahu segala hal.

        Ada beberapa pengertian yang dapat digunakan untuk memahami apa itu filsafat, di anataranya:
  1. Filsafat sebagai upaya spekulatif untuk menyajikan suatu pandangan sistematik serta lengkap tentang seluruh realitas.
  2. Filsafat seagai upqaya untuk menentukan batas-batas dan jangkuan pengetahuan
  3. Filsafat seagai upaya untuk melukiskajn hakikat realitas paling akhir serta paling dasar yang diakui sebagai satu hal yang nyata.
  4. Filsafat sebagai hasil suatu penelitian kritis dan pengendalian dan pernyataan yang di ajukan sebagai dari bebrbagai bidang ilmu pengetahuan.
  5. Filsafat seabgai disiplin ilmu yang berupaya untuk membantu kita untuk menyatakan apa yang kita katakan.  
 Dari Mitos ke Logos
        Filsafat di Yunani diawali munculnya pemikiran yang yang mempertanyakan asal mula alam (kosmologi).
ini muncul sebagai akibat ketidakpuasaan atas penjelaqsan mitologis dalam menjelaskana asal muasal alam. karena penjhelasan mitologi tidak dapat dijelaskan atau "di kontrol" oleh rasio, maka tokoh filsafat Yunani abad ke-6 SM mulai memberikan penjelasan mengenai berbagai masalah yang didasarkan atas penjelasan atau argumen yang rasional.
Periodisasi Filsafat Barat
        Filsafat barat dapat dibagi atas beberapa periode. periode tersebut adalah, pertama, filsafat Yunani, Kedua, Filsafat abad pertengahan, ketiga, Filsafat meodern dan keempat, Filsafat Kontemporer atau Postmoderrn.
Pemetaan Cabang Filsafat
      Pembidangan atau pencabangan filsafat terkait juga dengan perkembangan sejarah serta prinsip pembagian yang dilakukan oleh para filsuf. Aristoteles memasukan ke dalam bidang filsafat di antaranya yaitu logika, estetika, filsafat politi, dan matematika. berbeda dengan Aris toteles, Christian Woloff mengemukakan pembidangan filsfat menjadi beberapa bidang di antaranya: logika, filsafat pertama, ontologi, teologi, kosmologi, psikologi rasional, etika dan teori pengetahuan. ontologi adalah cabang filsafat yang membahas atau membicarakan masalah "ada/realitas". adapun yang dibahas adalah "ada" dalam pengertian secara umum bukan "ada" yang bersifat khusus.

Filsafat, Ilmu Pengetahuan dan Agama
     Perbedaan antaran(kajian) filsafat dengan ilmu pengetahuan salah satunya dapat kita lihat pada ciri berfikir. Jika filsafat mengkaji tentang manusia disebut (objek material) misalnya, maka kajian tentang manusia ini dilakukan secara menyeluruh/utuh, sementara ilmu pengetahuan mengkaji manusia dari sisi atau aspek (objek formal) umpamanya mengkaji manusia terbatas pada aspek psikis, biologis, anatomis, ataupun aspek sosiologis semata karena itulah ilmu pengetahuan sangat bersifat spesialis atau mengembangkan spesialisasinya masing-masing.
      Perbedaan antara filsafat dan agama? perbedaan anatara agama dan filsafat dapat dilihat dari sekurang-kurangnya berdasarkan sumbernya. jika filsafat juga ilmu pengetahuan bersumber dari pengalaman dan rasio, maka agama bersumber dari iman (wahyu tuhan). Dalam pandangan islam pencarian kebenaran ilmu pengetahuan atas alam semesta (ayat-ayat Allah) sesungguhnya suatu tindakan yang sangat dianjurkan, dan bahkan tidak dapat dilihat sebagai hal yabng terpisah dari agama. Dalam pandangan islam alam diatur bertujuan menemukan hukum alam, maka itu berarti mencoba unutuk menemukan hukum Allah yang berlaku pada alam.
  
Ciri Berpikir Filsafat
      Ciri berpikir konsisten ialah berpikir secara filsafat itu mestilah runtut atau konsisten anatara satu gagasan 
dengan gagasan lain. sedangkan sistematis maskudnya adalah berpikir mengikuti atauran atau alur (sistem) tertentu.
     Adapun Metode Filsafat, Filsafat memerlukan bermcam metode diantaranya: hermeneutika, dialektika, fenomenologi, semiotika dan lain-lain.
Manfaat Belajar Filsafat
    Manfaat belajar filsafat adalah belajar filsafat secara mendalam akan membentuk kemndirian secara intrelektual, membangun sikap toleran terhadap perbedaan sudut pandang, filsafat dapat membventuk seorang pembelajar untuk berfikir kritis. berpikir kritis berarti kita tidak menerima begitu saja pendapat yang didasarkan pada otoritas. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar