Senin, 11 April 2016

HAKIKAT FILSAFAT KOMUNIKASI

Proses komunikasi dari 2 perspektif besar, yaitu perspektif psikologis dan mekanis. Perspektif psikologis dalam proses komunikasi hendak memperlihatkan bahwa komunikasi adalah aktivitas psikologi sosial yang melibatkan komunikator, komunikan, isi pesan, lambang, sifat hubungan, persepsi, proses decoding, dan encoding. Sedangkan, perspetif mekanis memperlihatkan bahwa proses komunikasi adalah aktivitas mekanik yang dilakukan oleh komunikator, yang sangat bersifat situasional dan kontekstual.

Pemikiran Richard L. Lanigan
Ia membahasa secara khusus tentang analisis filosofis atas proses komunikasi. Filsafat dalam disiplin ilmu komunikasi biasanya meletakkan titik refleksinya pada pertanyaan - pertanyaan :
- Apa yang aku ketahui? (masalah ontologi atau metafisika)
- Bagaimana aku mengetahuinya? (masalah epistemologi)
- Apakah aku yakin? (maslaah aksiologi)
- Apakah aku benar? (masalah logika)

1. Metafisika 
Richard juga mengatakan bahwa metafisika adalah studi tentang sifat dan fungsi teori tentang realitas.
2. Epistemologi 
Hal lain adalah keberadaan yang mutlak, yang sama sekali tidak bergantung pada yang lain.
3. Aksiologi 
Ini adalah cabang filsafat yang ingin merefleksikan cara bagaimana menggunakan ilmu pengetahuan diperoleh.
4. Logika 
Ini adalah cabang filsafat yang menelaah asas dan dasar metode penalaran secara benar dalam hal ini cara berkomunikasi secara lebih baik dan benar.

Pemikiran Stephen W. Littlejohn
Komunikasi menurut Littlejohn dapat digambarkan dalam matrik persilangan antara tingkah laku sumber pesan dan tingkah laku penerima pesan.

Pemikiran Whitney R. Mundt
Ia tidak memperhitungkan filsafat komunikasi sebagai filsafat yang sebenarnya. Filsafat komunikasi menampilkan kekuatan media dan prinsip-fungsi media berikut dengan hubungannya dengan negara.

NATHANIA CLAIRINE
14140110369 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar