Senin, 11 April 2016

HAKIKAT FILSAFAT KOMUNIKASI


Bab 4
Hakikat Filsafat Komunikasi

Oleh : Adrian Renardi - 14140110108
         
    Komunikasi dalam prosesnya dapat dilihat dari dua perspektif yang berbeda, yaitu perspektif psikologis dan mekanis. Perspektif psikologis dalam proses komunikasi hendak memperlihatkan bahwa komunikasi adalah aktivitas psikologis sosial. Perspektif mekanis memperlihatkan bahwa proses komunikasi adalah aktivitas mekanik yang dilakukan oleh komunikator bersifat situasional dan kontekstual. Proses komunikasi begitu kompleks dan tidak sederhana. Refleksi proses komunikasi yang lebih luas dan komprehensif selalu hendak diciptakan.

     Filsafat komunikasi adalah suatu disiplin yang menelaah pemahaman secara mendalam terhadap segala dimensi komunikasi. Bidang-bidangnya meliputi komunikasi sosail, organisasional, bisnis, politik, internasional, komunikasi antar budaya, pembangunan, tradisional, dll. Sifat komunikasi, meliputi komunikasi verbal dan nonverbal. Tatanannya meliputi intrapribadi, antarpribadi, kelompok, massa, dan media. Tujuan komunikasi bisa teridir dari soal mengubah sikap, opini, perilaku, masyarakat, dan lainnya. Fungsi komunikasi adalah untuk menginformasikan, mendidik, dan mempengaruhi. Komunikasi itu luas, tidak hanya sebatas informasi dari komunikator ke komunikan. Sehingga bisa dikatakan bahwa filsafat komunikasi adalah ilmu yang mengkaji setiap aspek komunikasi di atas dengan metode filsafat untuk mendapatkan penjelasan yang mendasar dan utuh. Filsafat komunikasi merupakan hasil pemikiran lanjutan dari teori komunikasi. Untuk itu, beberapa tokoh mengembangkan filsafat komunikasi yang antara lain, Richard L. Lanigan, Stephen Littlejohn, dan Whitney R. Mundt.
           
Pemikiran Richard L. Lanigan
- Secara khusus membahas analisis filosofis komunikasi
- Filsafat ilmu komunikasi biasanya merefleksikan pertanyaan-pertanyaan, karena   pada dasarnya filsafat selalu mempertanyakan segalanya. Apa yang aku ketahui?Bagaimana aku mengetahuinya? Apakah aku yakin? Apakah aku benar?
- Ilmu pemikiran: 
Metafisika : Studi tentang sifat dan fungsi teori tentang realitas.
Epistemologi : Cabang filsafat yang menyelidiki asal, sifat, metode, dan batasan pengetahuan manusia.
Aksiologi : Cabang filsafat yang ingin merefleksikan cara bagaimana menggunakan ilmu pengetahuan diperoleh.
Logika : Cabang filsafat yang menelaah asas dan dasar metode penalaran secara benar dalam hal cara berkomunikasi yang baik dan benar.

Pemikiran Stephen W. Littlejohn 
- Digambarkan dalam matrik persilangan antara tingkah laku sumber pesan dan tingkah laku penerima pesan.
- Ada empat perspektif komunikasi menurut Stephen Littlejohn, yaitu : perilaku (behavioral perspectives), kognitif (cognitive perspectives), stuktural (structural perspectives), dan interaksionis (interactionist perspectives).
- Terdapat tiga model untuk menjawab pertanyaan mana yang termasuk komunikasi dan bukan komunikasi: Receiver Model, Sender-Receiver Model, Communication Model
Pemikiran Whitney R. Mundt
- Tidak memperhitungkan filsafat komunikasi sebagai filsafat yang sebenarnya.
- Filsafat komunikasi menampilkan kekuatan media dan prinsip-fungsi media di suatu negara
- Mundt menyatakan penjelasan keterpautan pemerintah dengan jurnalistik dimana            keseimbangan kekuatan selalu bergeser
- Menurut Mundt, pers terbagi menjadi lima, yaitu:
Otoriter : Sistem pers yang terdapat sensor dan lisensi dari pemerintah.
Sosial-Otoriter : Pers dimiliki oleh pemerintah atau partai untuk melengkapi pers guna mencapai tujuan tertentu.
Libertarian : Ketiadaan pengawasan pemerintah, menjamin berkembangnya gagasan secara bebas
Sosial-Libertarian : Pengawasan pemerintah secara minimal untuk menyumbat saluran saluran komunikasi
Sosial-Sentralis : Kepemilikan pemerintah atau lembaga umum dengan saluran komunikasi terbatas untuk menjamin semangat operasional dari filsafat libertarian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar