Senin, 11 April 2016

HAKIKAT FILSAFAT KOMUNIKASI

BAB 4 HAKIKAT FILSAFAT KOMUNIKASI
Dari proses komunikasi yan begitu kompleks dan tidak sederhana tersebut, refleksi komunikasi yang lebih luas dan komprehensiif. Menurut Prof. ononb Uchjana Effendi, filsafat komunikasi adalah suatu disiplin yang menelaah pemahaman (rverstehem) secara lebih menalam, fundamental, metodologis. Analitis, kritis dan komprehensif teori dan proses komunikasi yang meliputi segala dimensi menurut , bidang, sifat, tatanan, tujuan, fungsi, teknik, dan metode – metodenya. Sifat komunikasi ada verbal dan non verbal. Sehingga dengan demikian bias dikatakan bahwa sifat komunikasi adalah ilmu yang mengkaji setiap aspek dari komunikasi dengan menggunakan pendekatan dan metode filsafat sehingga didapatkan menjelaskan yang mendasar, utuh, dan sistematis seputar komunikas.
Pemikiran Richard L. lanigan:
1.       Metafisika
2.       Epistemology
3.       Askiologi
4.       Logika
Menurut Mundt, pres terbagi menjadi lima, yakni:
1.       Otoriter, yakni sistem pers di mana ada sensor dan lisensi dari pemerintahan.
2.       Social-otoriter, yakni ketiadaan pemerintahan atau partai pemerintahan untuk melengkapi pers guna mencapai tujuan ekonoi nasional dan tujuan filasafati.
3.       Libertarian, yakni dimana ketidakadaan pengawasan pemerintahan secara  bebas.

4.       Social-sentralis, yakni kepemilikan pemerinta atau lembaga umum dengan saluran komunikasi terbatas untuk menjamin semangat operasional dari filfsafat libertarian.

nNadia Hersanti
14140110232

Tidak ada komentar:

Posting Komentar