Senin, 11 April 2016

Tema Pokok dalam Etika dan Filsafat Komunikasi

1.      Manusia sebagai pelaku Komunikasi
Hakikat komunikasi adalah proses ekspresi antarmanusia. Setiap manusia mempunyai kepentingan untuk menyampaikan kepentingan untuk menyampaikan pikiran atau perasaan yang dipunyai. Ekspresi pikiran dan perasaan itu memakai dan memanfaatkan bahasa sebaga medium komunikasinya .
a)      Definisi manusia
b)      Kritik Eksistensialisme terhadap materialisme
c)      Kritik eksistensialisme terhadap idealisme
d)     Ethos, Pathos, dan Logos
e)      Komunikator Humanistis


2.      Teknologi Komunikasi :
Pengaruh teknologi komunikasi yang sudah merebak dan menyebar secara global sudah semakin berkembang dari masa kemasa, manusia semakin dimudahkan dalam berkomunikasi. Ambivalensi teknologi komunikasi memiliki efek yang berbahaya bagi masyarakat karena dapat mempengaruhi keterampilan dasar manusia dalam menciptakan dan menyampaikan pesan. Lalu Teori Global Village yakkni teknologi menciptakan manfaat positif dengan mengatasi hambatan jarak dan waktu, sehingga seolah-olah dunia hanyalah sebuah desa. Manusia bisa berinteraksi dimanapun dan kapanpun. Sedangkan Global Pillage yaitu menciptakan teknologi secara negatif dengan menciptakan ketergantungan bagi manusia seperti penggunaan sosial media yang terus menerus membuat seseorang menghindari dari dunia nyata.

3.     Komunikasi Efektif dan strategi komunikasi

Menurut Stephen R. Covey komunikasi yang efektif merupakan keterampilan komunikasi dalam membuat dan menyampaikan pesan secara efektif serta membiri efek yang tepat. Karena dalam beromunikasi perlu dibangun kepercayaan karena semakin tinggi kepercayaan komunikasi dapat berjalan dengan mudah,cepat, dan efektif. 
Selain itu menurut Stephen ada beberapa jenis strategi komunikasi yaitu 

  • Respect
  • Empathic
  • Audible
  • Clarity
  • Humble

Tidak ada komentar:

Posting Komentar