Senin, 11 April 2016

Hakikat filsafat komunikasi

Proses komunikasi dapat dilihat dalam dua perspektif, yaitu psikologis dan mekanis7 perspektif psikologis adalah proses komunikasi yang hendak memperlihatkan bahwa komunikasi adalah aktivitas psikologi sosial yang melibatkan komunikan, komunikator, lambang, isi pesan, encoding, dan decoding. Sedangkan perspektif mekanis dilihat bahwa proses komunikasi adalah komunikasi mekanik yang dilakukan oleh komunikator, yang bersifat sangat kontekstual dan situasional.
Menurut prof Onong Uchjana Effensi, filsafat komunikasi adalah suatu disiplin yang menelaah pemahaman secara lebih mendalam, fundamental, metodologis, sistematis, analitis, kritis, dan komprehensifteori dan proses komunikasi yangg meliputi segala dimeni menurut bidang, sifat,  tatanan tujuan, fungsi, teknik  dan metode-metodenya.
Richard L. Laningan secara khusus membahas analisis filosofis atas proses komunikasi.
Metafisika, Richard menyatakan bahwa metafisika adalah studi tenntang sifat dan fungsi teori mengenai teori realitas.
Epistemologi. Merupakan cabang filsafat yang menyelidiki asal, sifaft, metode, dan batasan pengetahuan manusia.
Aksiologi, aksiologi adalah cabang filsafat yang ingin merefleksikan cara bagaimana menggunakan ilmu pengetahuan di peroleh.
Logika, logika adalah cabang filsafat yang menelaah asas dan dasar metode penalaran secara benar dalam hal ini cara berkomunikasi secara lebih baik dan benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar