Senin, 11 April 2016

Hakikat Filsafat Komunikasi

Proses komunikasi dapat dilihat dalam dua perspektif besar, yaitu perspektif psikologis dan mekanis. Dari proses komunikasi yang begitu kompleks dan tida sederhana tersebut, refleksi komunikasi diperlukan untuk mendapatkan perspektif yang lebih luas dan komprehensif.
            Filsafat komunikasi adalah ilmu yang mengkaji setiap aspek dari komunikasi dengan menggunakan pendekatan dan metode filsafat sehingga didapatkan penjelasan yang mendasar, utuh, dan sistematis seputar komunikasi.
            Pemikiran filsafat komunikasi merupakan pemikiran yang menyatu dengan pemikiran teori komunikasi. Beberapa tokoh yang menjadi pemikir filsafat komunikasi adalah Richard L. Lanigan, Stephen Littlejohn, Whitney R. Mundr.

Richard L. Lanigan
            Richard L. Lanigan secara khusus membahas analisis filosofis atas proses komunikasi. Filsafat dalam disiplin ilmu komunikasi biasanya meletakkan titik refleksinya pada pertanyaan-pertanyaan:
1.     Apa yang aku ketahui? (ontologi dan metafisika)
2.     Bagaimana aku mengetahuinya? (epistemologi)
3.     Apakah aku yakin? (aksiologi)
4.     Apakah aku benar? (logika)

Stephen W. Littlejohn
            Komunikasi menurut Littlejohn dapat digambarkan dalam matrik persilangan antara tingkah laku sumber pesan dan tingkah laku penerima pesan. Tidak hanya itu, Littlejohn juga menyoroti perbedaan perspektif yang terdapat dalam ilmu komunikasi. Perspektif yang ada dalam ilmu komunikasi dapat berbeda dengan perspektif lainnya, mereka tidak hanya berbeda dalam hal pengelompokan akan tetapi mereka dapat juga berbeda dalam hal konsepsi maupun asumsi dasar.

Whitney R. Mundt
            Whitney R. Mundt tidak memperhitungkan filsafat komunikasi sebagai filsafat yang sebenarnya. Filsafat kemounikasi menampilkan kekuatan media dan prinsip-fungsi media berikut hubungannya dengan negara. Mundt dalam filsafatnya menyatakan penjelasan keterpautan pemerintah dengan jurnalistik ketika keseimbangan kekuatan selalu bergeser.

            Menurut Mundt, pers dibagi menjadi lima bagian, yaituotoriter, sosial-otoriter, libertarian, sosial-libertarian, dan sosial-sentralis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar