Anisa
Novianti
14140110207
MANUSIA
SEBAGAI PELAKU KOMUNIKASI
Hakikat
komunikasi adalah proses ekspresi antarmanusia dan setiap manusia punya
kepentingan untuk menyampaikan pikirannya masing-masing. Manusia berada
paa "who dan whom" atau "pembicara dan pendengar"
DEFINISI
MANUSIA
3
aliran besar tentang manusia:
-
Materialisme
-
Idealisme
-
Eksistensialisme
KRITIK
EKSISTENSIALISME TERHADAP MATERIALISME
Aliran eksistensialisme menentang aliran materialism
yang berpendapat bahwa manusia hanya sebagai benda. Menurut aliran
eksistensialisme manusia itu juga menghadapi dunia dan menghadapi benda lain di
dunia, ia juga mengerti apa arti hidup dan arti barang yang dihadapinya itu
KRITIK
EKSISTENSIALISME TERHADAP IDEALISME
Idealisme hanya menganggap menusia sebagai subjek
dan kesadaran semata-mata. Menurut aliran eksistensialisme, manusia bukang
hanya objek, subjek dan kesadaran semata namun manusia merupakan makhluk yang
eksistensi. Dan kesadaranlah yang membuat manusia menjadi keistimewaan dibanding
makhluk lainnya.
Ethos,
Pathos, Logos
Ethos,
kepercayaan yang ditunjukkna komunikator bahwa ia memang ahlinya sehingga
ia dapat dipercaya
Pathos,
tampilan emosi, seorang komunikator harus tepat memunculkan semangat dan
gairah komunikasi
Logos,
argumentasi yang masuk akal
KOMUNIKATOR
HUMANITIS, memiliki 4 ciri, yaitu memiliki kepribadian, unik,
bersifat aktif dan sadar diri serta punya keterlibatan sosial
EKSES
TEKNOLOGI KOMUNIKASI
Tentu dengan adanya teknologi komunikasi ini, punya
pengaruh negatif dalam kehidupan manusia, antara lain
- Perubahan
gaya hidup masyarakat
- Munculnya
tantangan dalam karier
- Perubahan
regulasi
- Pergeseran
kekuatan
KOMUNIKASI
EFEKTIF DAN STRATEGI KOMUNIKASI
Menurut Wilbur Schramm ada “The Condition of Succes
Communication”, yaitu
- Pesan
harus dirancang dan disampaikan sedemikian rupa sehingga dapat menarik
perhatian
- Pesan
harus menggunakan lambang yang memiliki pengertian yang sama agar komunikan dan
komunikator saling mengerti
- Pesan
harus dapat memunculkan kebutuhan pribadi komunikasi
- Pesan
harus berkaitan dengan kebutuha kelompok dimana komunikan berada
“REACH”
sebagai hukum komunikasi efektif
Ini merupakan singkatan dari :
Respect rasa
hormat dan saling menghargai
Emphatic kemampuan
seseorang menempatkan diri pada situasi dan kondisi tertentu
Audible pesan
dapat didengar dan dimengerti dengan baik
Clarity pesan
nya harus jelas, jangan sampai menimbulkan multi-interpretasi
Humble sikap
rendah hati
“KNOW
YOUR AUDIENCE”, memperhatikan 4 aspek penting :
- Waktu
yang tepat unutk suatu pesan
- Bahasa
yang harus digunakan agar dapat di mengerti
- Sikap dan
nilai yang harus ditampilkan agar efektif
- Jenis
kelompok dimana komunikasi akan dilaksanakan
HAMBATAN
KOMUNIKASI
- - Gangguan komunikasi bersifat semantic atau mekanis
- - Kepentingan, yang menyebabkan seseorang selektif dalam menanggapi pesan
- - Motivasi terpendam
- - Pransangka yang timbul sebelum pesan disampaikan
EVASI
KOMUNIKASI, yaitu pembelokkan komunikasi secara
sengaja/tidak sengaja (menyesatkan pengertian, mencacatkan pesan komunikasinya,
mengubah kerangka referen)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar