Mengapa
Perlu Etika Komunikasi?
Setiap orang harus
mencari informasi yang tepat. Karena ada sejumlah alasan, antara lain:
1.
Informasi yang tepat mengindahkan
kehidupan.
2.
Informasi yang tepat menjadi sarana
pendidikan yang baik.
3.
Informasi yang tepat mampu memberi
kesempatan memperbaiki nasib individu atau kelompok.
4.
Informasi yang tepat mencegah terjadinya
salah paham dan menjadi sarana penting untuk menciptakan perdamaian.
Media Mengubah
Integrasi Sosial, Reproduksi Budaya, dan Partisipasi Politik
Media mempengaruhi integrasi sosial dengan nilai-nilai
hedonis. Hedonisme individualis ini mengacuhkan pengendalian sosial dari
instansi tradisional sehingga norma-norma tradisional mati.
Menurut G. Lipovetsky, dalam reproduksi budaya, atau
lebih tepat justru produksi budaya, tekanannya adalah harus selalu bergerak,
selalu berubah bukan untuk suatu tujuan utopis tertentu, tetapi karena
diarahkan oleh efektivitas dan tuntutan agar bisa bertahan hidup.
Menurut J.
Baudrillard, ia menegaskan bahwa “informasi melahap isinya sendiri. Ia melahap
komunikasi dan yang sosial karena dua hal: pertama, alih-alih mengomunikasikan,
informasi menghabiskan tenaganya untuk presentasi komunikasi. Alih-alih
memproduksi makna, informasi menghabiskan tenaga untuk presentasi makna. Suatu
bentuk simulasi”.
Dilema Media Massa
Media memiliki ekspetasi untuk meningkatkan mutu debat
khalayak, justru mengubah politik menjadi tontonan. Seharusnya, media berfungsi
sebagai pendidikan politik untuk mematangkan politik para pemilih.
Menurut P. Bourdieu, adanya beberapa mekanisme dari
televisi yang merupakan bentuk kekerasan simbolik. Kekerasan simbolik adalah
kekerasan yang berlangsung dengan persetujuan tersirat dari korbannya sejauh
mereka tidak sadar melakukan atau menderitanya.
Menurut J. Baudrillard, menjelaskan empat fase citra:
1.
Representasi di mana citra merupakan
cermin suatu realitas.
2.
Ideologi di mana citra menyembunyikan
dan memberi gambar yang salah akan realitas.
3.
Citra menyembunyikan bahwa tidak ada
realitas.
4.
Citra tidak ada hubungan sama sekali
dengan realitas apa pun.
Tiada Perlawanan
Terorganisir dan Bentuk Baru Sensor
Menurut G. Lipovetsky, kapitalisme pasar uang
menggagalkan visi jangka panjang negara demi performance jangka pendek,
sirkulasi cepat capital pada tingkat global, dan transaksi ekonomi semakin
cepat.
Menurut P. Bourdieu, kemajuan teknik informasi menjamin
mobilitas modal yang tinggi sehingga sewaktu-waktu pemodal bisa pindah ke
perusahaan yang lebih menguntungkan.
Tiga Syarat Kemungkinan
Etika Komunikasi
Menurut Boris Libois, ada tiga pertimbangan mengapa
penerapan etika komunikasi semakin mendesak:
1.
Media mempunyai kekuasaan dan efek yang
dahsyat terhadap publik.
2.
Etika komunikasi merupakan upaya untuk
menjaga keseimbangan antara kebebasan berekspresi dan tanggung jawab.
3.
Mencoba menghindari sedapat mungkin
dampak negative dari logika instrumental.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar