Senin, 11 April 2016

Mengapa Perlu Etika Komunikasi?

Mengapa Perlu Etika Komunikasi?
Setiap orang harus mencari informasi yang tepat. Karena ada sejumlah alasan, antara lain:
1.      Informasi yang tepat mengindahkan kehidupan.
2.      Informasi yang tepat menjadi sarana pendidikan yang baik.
3.      Informasi yang tepat mampu memberi kesempatan memperbaiki nasib individu atau kelompok.
4.      Informasi yang tepat mencegah terjadinya salah paham dan menjadi sarana penting untuk menciptakan perdamaian.
Media Mengubah Integrasi Sosial, Reproduksi Budaya, dan Partisipasi Politik
            Media mempengaruhi integrasi sosial dengan nilai-nilai hedonis. Hedonisme individualis ini mengacuhkan pengendalian sosial dari instansi tradisional sehingga norma-norma tradisional mati.
            Menurut G. Lipovetsky, dalam reproduksi budaya, atau lebih tepat justru produksi budaya, tekanannya adalah harus selalu bergerak, selalu berubah bukan untuk suatu tujuan utopis tertentu, tetapi karena diarahkan oleh efektivitas dan tuntutan agar bisa bertahan hidup.
            Menurut  J. Baudrillard, ia menegaskan bahwa “informasi melahap isinya sendiri. Ia melahap komunikasi dan yang sosial karena dua hal: pertama, alih-alih mengomunikasikan, informasi menghabiskan tenaganya untuk presentasi komunikasi. Alih-alih memproduksi makna, informasi menghabiskan tenaga untuk presentasi makna. Suatu bentuk simulasi”.
Dilema Media Massa
            Media memiliki ekspetasi untuk meningkatkan mutu debat khalayak, justru mengubah politik menjadi tontonan. Seharusnya, media berfungsi sebagai pendidikan politik untuk mematangkan politik para pemilih.
            Menurut P. Bourdieu, adanya beberapa mekanisme dari televisi yang merupakan bentuk kekerasan simbolik. Kekerasan simbolik adalah kekerasan yang berlangsung dengan persetujuan tersirat dari korbannya sejauh mereka tidak sadar melakukan atau menderitanya.
            Menurut J. Baudrillard, menjelaskan empat fase citra:
1.      Representasi di mana citra merupakan cermin suatu realitas.
2.      Ideologi di mana citra menyembunyikan dan memberi gambar yang salah akan realitas.
3.      Citra menyembunyikan bahwa tidak ada realitas.
4.      Citra tidak ada hubungan sama sekali dengan realitas apa pun.
Tiada Perlawanan Terorganisir dan Bentuk Baru Sensor
            Menurut G. Lipovetsky, kapitalisme pasar uang menggagalkan visi jangka panjang negara demi performance jangka pendek, sirkulasi cepat capital pada tingkat global, dan transaksi ekonomi semakin cepat.
            Menurut P. Bourdieu, kemajuan teknik informasi menjamin mobilitas modal yang tinggi sehingga sewaktu-waktu pemodal bisa pindah ke perusahaan yang lebih menguntungkan.
Tiga Syarat Kemungkinan Etika Komunikasi
            Menurut Boris Libois, ada tiga pertimbangan mengapa penerapan etika komunikasi semakin mendesak:
1.      Media mempunyai kekuasaan dan efek yang dahsyat terhadap publik.
2.      Etika komunikasi merupakan upaya untuk menjaga keseimbangan antara kebebasan berekspresi dan tanggung jawab.
3.      Mencoba menghindari sedapat mungkin dampak negative dari logika instrumental.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar