Senin, 11 April 2016

Hakikat Filsafat Komunikasi

Hakikat Filsafat Komunikasi
Menurut Prof. Onong Uchjana Effendi (2003:321), Filsafat Komunikasi adalah suatu disiplin yang menelaah pemahaman (verstehen) secara lebih mendalam, fundamental, metodologis, sistematis, analitis, kritis dan komprehensif teori dan proses komunikasi yang meliputi segala dimensi menurut bidang, sifat, tatanan, tujuan, fungsi, teknik, dan metode-metodenya. Jika ditarik kebelakang mengenai proses dari komunikasi dapat dibagi dalam dua perspektif besar yaitu perspektif psikologis dalam proses komunikasi hendak memperlihatkan bahwa komunikator, komunikan, isi pesan, lambang, sifat hubungan, persepsi, proses decoding, dan encoding. Sedangkan perspektif mekanis memperlihatkan bahwa proses komunikasi adalah aktifitas mekanik yang dilakukan komunikator, yang sangat bersifat situasional dan kontekstual.
Tujuan komunikasi terdiri dari mengubah sikap, opini, perilaku, masyarakat, dan lainnya. Sementara itu , fungsi komunikasi adalah menginformasikan, mendidik, mempengaruhi. Lalu teknik komunikasi terdiri dari komunikasi informatif, persuasif, pervasif, koersif, instruktif, dan hubungan manusiawi. Metode komunikasi, meliputi jurnalistik, hubungan masyarakat, periklanan, propaganda, perang urat syaraf, dan perpustakaan.

Jika disimpulkan maka Filsafat komunikasi adalah ilmu yang mengkaji setiap aspek dari komunikasi adalah ilmu yang mengkaji setiap aspek dari komunikasi dengan menggunakan pendekatan dan metode filsafat sehingga didapatkan penjelasan yang mendasar, utuh, dan sistematis seputar komunikasi.
Pemikiran Richard L. Lanigan: Metafisika, Epistemologi, Aksiologi, Logika,
Bahasannya mengenai analisis Filosofis atas proses komunikasi. Filsafat dalam disiplin Ilmu komunikasi biasanya meletakkan titik refleksinya pada pertanyaan-pertanyaan : apa yang diketahui?, Bagaimana mengetahuinya?, apakah aku yakin?, apakah aku benar?.

 Metafisika
Metafisika adalah studi tentang sifat dan fungsi teori tentang ralitas. Lalu didalamnya ada beberapa hal yang dapat di refleksikan, yaitu
·         Sifat manusia dan hubungannya secara kontekstual dan individual dengan realita dalam alama semest .
·         Sifat dan fakta bagi tujuan, perilaku, penyebab, dan aturan.
·         Problema pilihan, khususnya kebebasan versus determinisme pada perilaku manusia.

Menurut Jujun S. Suriasumantri 2005 mengatakan bahwa, metafisika merupakan kajian tentang hakikat keberadaan zat, pikiran, dan kaitan zat dengan pikiran. Menurut Aristoteles objek metafisika ada dua yakni ada sebagai yang ada dan ada sebagai yang ilahi. Melanjutakan pendapat Aristoteles Prof. Dr. Delfgaauw menyampaikan bebebrapa poin
·         Ada sebagai yang ada
Ilmu pengetahuan berupaya mengkaji yang ada itu dalam bentuk semurni- murninya, bahwa suatu benda itu sungguh-sungguh ada dalam arti kata tidak terkena perubahan. Ciri nya adalah dapat dirasakan oleh panca indera . metafisika disebut juga ontologi
·         Ada sebagai yang ilahi
Hal yang Ilahi berarti kita bertolak dari sesuatu yang pada dasarnya tidak dapat ditangkap oleh pancaindera, karena Tuhan tidak dapat diketahuidengan menggunakan alat-alat inderawi. Karena keberadaannya yang mutlak, yang sama sekali tidak tergantung pada yang lain.

Epistemologi
Salah satu cabang Filsafat yang menyelidiki asal, sifat, metode, dan batasan pengetahuan manusia. Sementara itu epistemologi lebih merupakan cabang filsafat yang merefleksikan asal-usul, hakikat, dan batasan pengetahuan manusia. Dalam epistemologi dikenal juga beberapa teori kebenaran yaitu berdasarkan koherensi, koresponsdensi, pragmatisme, dan legalisme. Pada dasarnya cabang ini menyelidiki cara bagaimana pengetahuan disusun dari bahan yang diperoleh yang dalam prosesnya menggunakan metode ilmiah. Metode ilmiah sendiri adalah tata cara suatu kegiatan yang dilandasi :
·         Kerangka pemikiran logis.
·         Penjabaran hipotesis yang merupakan deduksi dan kerangka pemikiran.
·         Verifikasi terhadap hipotesisuntuk menguji kebenarannya secara faktual

Kerangka pemikiran logis biasanya mengandung argumentasi yang dalam menjabarkan penjelasannya mengenai suatu gejala bersifat rasional.

Aksiologi
Salah satu cabang filsafat yang merefleksikan cara bagaiman menggunakan ilmu pengetahuan yang diperoleh. Menurut Lanigan bahwa aksiologi adalah studi etika dan estetika yang dapat diartikan bahwa ilmu ini mengkaji tentang nilai manusiawi dan bagaimana cara mengekspresikannya. Hubugannya dengan filsafat komunikasi adalah kajian terhadap apa itu nilai- nilai manusiawi dan bagaimana cara melembagakannya. Karena itu seorang komunikator sebelum mengemas pemikirinnya sebagai isi pesan harus melakukan pertimbangan nilai ( Valu Judgement) apakah pesan itu etis atau tidak.

Logika
Adalah cabang filsafat yang menelaah asas dan dasar metode penalaran secara benar dalam hal ini cara berkomunikasi secara lebih baik dan benar. Dalam berkomunikasi logika sangat diperlukan karena dalam berkomunikasi harus melewati proses pemikiran yang matang. Karena logika berkaitan dengan telaah asas- asas dan dasar metode penalaran yang benar sama dengan berkomunikasi yang benar.

Pemikiran Stephen W. LittleJohn: Bagan, Epistemologi, Ontologi, Aksiologi

Perilaku
Penerima Pesan
Perilaku Sumber Pesan
Symptom ( gejala)
Pesan Nonverbal
Pesan Verbal
Tidak diterima
1A
2A
3A
Diterima kemudia
1B
2B
3B
Diterima saat itu juga
1C
2C
3C

Penjelasan dari kotak diatas
1A. Tingkah laku yang tak terlihat orang lain Cth: Menguap
1B. Gejala yang teras yang terjadi sambil lalu seperti menguap, dan orang lain mengetahui namun baru sadar setelahnya. Dan menyadari bahwa kamu sedang lelah.
1C. Gejala langsung diterima, saat anda menguap maka orang lain langsung merespon
2A. Pesan – pesan non verbal yang tidak terasa. Seperti melambaikan tangan namun teman yang disapa tidak melihat.
2B. pesan nonverbal bersifat sambil lalu saat melambai dan teman anda baru menyadari sesudah kegiatan tersebut.
2C. Pesan pesan yang langsung diterima saat itu juga, saat anda melambaikan tangan ke teman anda maka teman anda langsung merespon lambaian anda dengan melambaikan tangan juga.
3A. Pesan verbal yang tidak terasa. Saat anda mengirim pesan singkat namun pesan tersebut tidak terkirim karena pulsa/kuota anda habis.
3B. Pesan Verbal yang terjadi sambil lalu. Saat dosen sedang menjelaskan materi mahasiswa sebenarnya mendengarkan namun tidak mendengarkannya
3C. Pesan verbal yang diterima ketika itu juga, yaitu saat anda meminta tolong pinjam alat tulis kepada teman sebangku belajar.

A.    Epistemologi : cabang ilmu filsafat  yang mempelajari pengetahuan, atau bagaimana seseorang mengetahui apa yang mereka klaim sebgai pengetahuan yang pada hakikatnya menyangkut asumsi mengenai hubungan antara peneliti dan yang diteliti dalam proses untuk memperoleh pengetahuan mengenai objek yang di teliti.
B.     Ontologi : cabang filsafat yang berhubungan dengan alam, lebih sempitnya alam benda-benda dimana kita berupaya untuk mengetahuinya yang pada hakikatnya berkaitan dengan asumsi mengenai objek atau realitas sosial yang diteliti.
C.     Aksiologi : cabang ilmu filsafat yang mengkaji nilai- nilai.
Pemikiran Whitney R. Mundt
Filsafat komunikasi menampilkan kekuatan media dan prinsip-fungsi media berikut hubungannya dengan negara. Menurutnya filsafat menyatakan penjelasan keterpautan pemerintah dengan jurnalisme dimana keseimbangan kekuatan selalu bergeser.
Pers dibagi menjadi lima :
a)      Otoriter :  ada sensor dan lisensei dari pemerintah dan menekan kritik agar kekuasaan dapat terpelihara
b)      Sosial – otoriter : pers yang dimiliki oleh pemerintah atau partai pemerintah untuk melengkapi pers guna mencapai tujuan ekonomi nasional dan tujuan filsafati
c)      Libertarian : ketidaan pengawasan pemerintah, untuk menjamin berkembangnya gagasan secara bebas.
d)     Sosial- Libertarian : pengawas pemerintah secara minimal untuk menyumbat saluran komunikasi dan menjamin semangat operasional dari filsafat liberatarian
e)      Sosial- Sentralis : kepemilikan pemerintah atau lembaga umum dengan saluran komunikasi terbatas untuk menjamin semangat operasional dari filsafat liberatarian.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar