Senin, 11 April 2016

MENGAPA PERLU ETIKA KOMUNIKASI?



Mengapa Perlu Etika Komunikasi?

Informasi merupakan saran apendidikan yang efektif. Memiliki akses ke informasi berarti memiliki kemudahan untuk mendapatkan kekuasaan atau mempertahankannya. Informasi yang benar menghindarkan salah paham dan menjadi sarana penting untuk menciptakan perdamaian.

1.1   Informasi sebagai komoditi dan mimetisme
Informasi dianggap sebagai barang dagangan. Ciri komersial ini menjadi lebih penting daripada klarifikasi dan memperkaya debat demokrasi. Logika juga mendasari keingintahuan yang besar untuk mengorek kehidupan pribadi selebritis.

1.2   Media Mengubah Intergrasi Sosial, Reproduksi Budaya dan Partisipasi Politik
Media menyebarkan ke seluruh tubuh sosial tidak hanya ide pembebasan tetapi juga nilai-nilai hedonis sehingga akhirnya memengaruhi integrasi sosial. Integrasi sosial menghadapi kendala dalam bentuk individualism narcisik.

1.3   Dilema Media Massa
Idealism media massa menuntut peran sebagai sarana pendidikan agar pembaca, permirsa, atau pendengan semakin memiliki sikap kritis, kemandirian, dan kedalaman berpikir. Media sangat diharapkan akan meningkatkan mutu debat public. Kekerasab simbolis media sangat merugikan upaya pencerdasan public dan pendidikan kritis masyarakat. Dilemma yang dihadapi media datang dalam tuntutan rating.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar