Senin, 11 April 2016

Filsafat, Etika, dan Komunikasi



Etika merupakan nilai-nilai atau norma yang menjadi pegangan seseorang atau kelompok dalam mengatur tingkah lakunya. Etika mengandung tida pengertian pokok, yaitu ilmu tentang apa yang baik dan kewajiban moral, kumpulan asas atau nilai yang berkenaan dengan akhlak, dan nilai mengenai benar atau salah yang dianut oleh suatu golongan/masyarkat. Sifat dasar etika sendiri adalah sifat kritis sehingga etika memiliki tugas untuk mempersoalkan norma yang ada, mempertanyakan mengenai legitimasinya, mempersoalan hak setiap lembaga yang ada, memberikan bekal kepada manusia dalam pengambilan sikap rasional, serta alat pemikiran yang rasional dan bertanggung jawab bagi seorang ahli dan bagi yang siapapun yang tidak ingin dipusingkan oleh norma.
              Etika dapat disebut juga sebagai filsafat moral. Etika termasuk cabang filsafat yang membahas tentang tindakan manusia dalam kaitannya dengan tujuan utama hidup. Ia membahas baik-buruk atau benar-tidaknya tingkah laku dan tindakan manusia. Etika dibagi menjadi dua, yaitu etika deskriptif dan etika normative. Etika deskriptif memberi gambaran dari gejala kesadaran moral, dari norma dan konsep etis. Etika normatif membicarakan mengenai apa yang sebenarnya tindakan manusia. Filsafat merupakan seperangkat keyakinan dan sikap, cita-cita, aspirasi dan tujuan, nilai dan norma, aturan dan prinsip etis. Menurut Hook, filsafat juga pecari kebenaran mengenai nilai dan perimbangan nilai agar menjadi benar dan mengetahui apa yang buruk juga. Itu lah yang membuat filsafat dapat dikaitkan dengan etika.
              Perbedaan Etika dan Etiket
Etika
Etiket
Cara perbuatan yang harus dilakukan seseorang
Memberikan dan menunjukkan cara yang tepat
Berlaku dimana-mana
Berlaku di pergaulan sosial
Bersifat Mutlak
Bersifat relatif
Berkaitan dengan aspek internal manusia
Segi lahiriah

Perbedaan Etika dan Estetika
Etika
Estetika
Menitikberatkan pada baik-burut / benar-tidak
Mempermasalahkan seni/keindahan yang diproduksi manusia
Berkaitan dengan dasar tindakan manusia baik-buruk atau benar-salah
Estetika deskriptif(menjelaskan/melukiskan pengalaman indah) dan estektika normatif(menyelidiki hakikat, dasar, dan ukuran pengalaman keindahan)
Fokus perhatian
Imitasi atau reproduksi realitas

Perbedaan Moral dan Hukum
Hukum
Moral
Objektif
Subjektif
Ruang lingkupnya pada tingkat lahiriah manusia
Perilaku batin
Sanksi dipaksakan, didasarkan oleh masyarakats
Sanksi batin, tidak dapat dicampuraduk oleh masyarakat

Perbedaan Etika dan Agama
Etika
Agama
Berdasar argumen rasional
Argumen berdasar wahyu Tuhan dan ajaran agama

Perbedaan Etika dan Moral
Etika
Moral
Ilmu tentang baik-buruk
Sifat moral atau keseluruhan asas atau nilai yang berkenaan dengan baik-buruk (kaidah sikap baik dan keadilan)

Unsur pokok dalam etika adalah kebebasan, tanggung jawab, hati nurani, dan prinsip-prinsip moral dasar. Kebebasan merupakan unsur pokok dalam wacana etika, tanggung jawab merupakan kemampuan individu untuk menjawab segala pertanyaan dengan fakta, hati nurani merupakan penghayatan mengenai nilai baik-buruk, dan kesadaran moral merupakan tattaran yang berguna untuk memosisikan tindakan individu dalam nilai moral tertentu.
Pemikiran-pemikiran yang tercipta memunculkan pandangan yang banyak juga terhadap etika itu sendiri, seperti egoisme, deontologisme, utilitarianisme, dan pragmatisme. Egoisme merupakan pemikiran etis yang menyatakan bahwa tindakan yang baik adalah tindakan yang memiliki manfaat bagi diri sendiri dalam jangka waktu tertentu. Deontologisme merupakan pemikiran etis mengenai baik buruk tindakan tidak diukur dari akibat yang ditimbulkan, tetapi berdasarkan sifat dari hasil yang tercapai. Utilitarianisme merupakan pemikiran etika terhadap kaidah moral dan baik-buruknya tindakan diukur dari akibat yang ditimbulkan. Pragmatisme merupakan pemikiran yang menyatakan perbuatan etis berhubungan dengan soal pengetahuan praktis yang dilakukan demi kemajuan masyarakat dan dunia.

Etika komunikasi digunakan untuk mengontrol kesadaraan etis bagi komunikator. Tujuh prespektif yang dapat etika komunikasi bahas adalah politik, sifat manusia, dialogis, situasional, religius, utilitarian, dan legal. 

ADHYRA RAMADIANI
14140110360

Tidak ada komentar:

Posting Komentar