Manusia sebagai Pelaku Komunikasi
Hakikat komunikasi adalah proses ekspresi antarmanusia.
Setiap manusia mempunyai kepentingan untuk menyampaikan pikiran atau perasaan
yang dipunyai. Tentu saja, ekspresi pikiran dan perasaan itu memaka dan
memanfaatkan bahasa sebagai medium komunikasinya.
Proses komunikasi adalah aktivitas yang diperlukan untuk
mengadakan dan melakukan tindakan komunikatif baik yang dilakukan oleh
komunikatir, komunikan atau aktivitas penyampaian pesan. Noise bisa saja
terjadi dalam setiap tindakan komunikatif dan lainnya.
Sudah menjadi kodrat bahwa manusia adalah makhluk yang
berakal budi. Aristoteles membagi tiga aliran yang ada pada manusia dan
mengkonvergensinya. Ketiga aliran itu adalah materialisme, idealisme, dan
eksistensialisme.
Teknologi Komunikasi
Perkembangan teknologi komunikasi merupakan deret ukur
yang memperlihatkan lompatan-lompatan. Maka, tidak heran bila akhir-akhir ini
berbagai perkembangan, khususnya dalam bidang teknologi informasi menunjukkan
perkembangan yang begitu menakjubkan. Di sisi lain, akibat perkembangan dari
kemampuan teknologim terjadi juga perubahan yang cukup dramatis di sisi
perjalanan dan operasi bisnis, yang menghasilkan pelayanan-pelayanan baru.
Komunikasi Efektif dan Strategi Komunikasi
Tidak peduli seberapa berbakatnya seseorang, betapa pun
unggulnya seseorang, kesuksesan tidak akan pernah diperoleh tanpa penguasaan
keterampilan komunikasi yang efektif. Wilbur Schramm menyebut sebagai “the condition of success in communication”,
yakni kondisi yang harus dipenuhi jika kita ingin agar pesan yang kita
sampaikan menghasilkan tanggapan yang kita inginkan.
The condition of
success in communication tersebut meliputi:
1.
Pesan
harus dirancang dan disampaikan sedemikian rupa sehingga dapat menarik
perhatian komunikan.
2.
Pesan harus
menggunakan lambang yang memiliki pengertian yang sama antara komunikator dan
komunikan sehingga sama-sama mengerti.
3.
Pesan harus
dapat menunmbuhkan kebutuhan pribadi komunikan sekaligus menyediakan alternatif
mencapai kebutuhan tersebut.
4.
Pesan harus
berkaitan dengan kebutuhan kelompok di mana komunikan berada.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar