Senin, 11 April 2016

Tema Pokok dalam Etika dan Filsafat Komunikasi



Tema Pokok dalam Etika dan Filsafat Komunikasi
A.     Manusia Sebagai Pelaku Komunikasi
1.      Definisi Manusia : Manusia adalah makhluk hidup yang berakal budi. Berdasarkan aliran materialism, keberadaan manusia adalah pada fisiknya. Berdasarkan aliran idealism, keberadaan  manusia adalah pada ide. Berdasarkan aliran eksistensialisme, keberadaan manusia ada pada eksistensinya.
2.      Kritik Eksistensialisme Terhadap Materalisme
Aliran eksistensialisme menentang aliran matrialisme yang berpendapat bahwa manusia hanyalah benda saja. Yang ditentang oleh kaum eksistensialisme ialah pendapat kaum materialism tentang cara manusia berada di dunia. Menurut ajaran Eksistensialisme manusia bukan saja berada di dunia, tetapi juga menghadapi dunia dan menghadapi benda di lain di dunia.
3.      Kritik Eksistensialisme Terhadap Idealisme
Idealisme menganggap manusia adalah sesuatu yang berpikir, suatu pikiran saja. Pikiran ini merupakan suatu aspek, aspek mana yang dilupakan oleh materialism dan sebaliknya dilebihkan oleh idealism.
4.      Ethos, Pathos, Logos
Ethos adalah sumber kepercayaan yang ditunjukkan oleh seorang komunikator bahwa ia memang pakar dalam bidangnya, sehingga oleh karena ia seorang ahli, maka ia dapat dipercaya. Pathos adalah tampilan emosi, komunikator harus pas memunculkan semangat dan gairah berkomunikasi. Logos adalah argumentasi komunikasi harus masuk akal.
5.       Komunikator Humanistis
Komunikator yang baik adalah komunikator humanistik, yaitu diri seseorang yang unik dan otonom, dengan proses mental mencari informasi secara aktif, yang sadar akan dirinya dan keterlibatannya dengan masyarakat, memiliki kebebasan memilih, dan bertanggung jawab terhadap perilaku yang diakibatkan. Seorang komunikator humanistik harus berpribadi, unik, aktif, serta sadar diri dan keterlibatan sosial.
B.      Teknologi Komunikasi
1.      Ambivalensi Teknologi Komunikasi
2.      Apakah Teknologi Itu Netral?
Ø  Global Village
Ø  Global Pillage
3.      Aspek Teknologi
Ø  Technical Aspect
Ø  Culture Aspect
Ø  Organizational Aspect
4.      Teknologi Komunikasi dan Masyarakat Informasi
Ø  Konvergensi Teknologi
Ø  Berkembangnya Internet
Ø  Digitalisasi
Ø  KonvergensI Media
Ø  Merger Industri
5.      Akses Teknologi Komunikasi
Ø  Perubahan gaya hidup
Ø  Tantangan karier
Ø  Perubahan regulasi
Ø  Pergeseran kekuatan
6.      Berbagai Paradigma dalam Teknologi Komunikasi
Ø  Determinisme Teknologi
Ø  Fenomenologi Teknologi
Ø  Otoritarianisme
Ø  Libelatarianisme
Ø  Tanggung Jawab Sosial
C.      Komunikasi Efektif dan Strategi Komunikasi
Tidak perduli seberapa berbakatnya seseorang, betapa pun unggulnya seseorang, kesuksesan tidak akan pernah diperoleh tanpa penguasaan keterampilan komunikasi yang efektif. Kita tidak pernah mempelajari bagaimana menulis secara efektif, bagaimana membaca degan cepat dan efektif, apalagi bagaimana menjadi pendengar yang baik. Dalam komunikasi yang efektif juga memiliki hukum, yaitu “Reach” yang secara harfiah berarti “merengkuh” atau “meraih”. Reach sendiri kepanjangan dari Respect, Empathc, Audible, Clarity, dan Humble.
Pingki Aulia Wahyudin / 14140110293

Tidak ada komentar:

Posting Komentar