Tema Pokok dalam Etika dan Filsafat Komunikasi
A. Manusia
Sebagai Pelaku Komunikasi
1. Definisi
Manusia : Manusia adalah makhluk hidup yang berakal budi. Berdasarkan aliran
materialism, keberadaan manusia adalah pada fisiknya. Berdasarkan aliran
idealism, keberadaan manusia adalah pada ide. Berdasarkan aliran
eksistensialisme, keberadaan manusia ada pada eksistensinya.
2. Kritik
Eksistensialisme Terhadap Materalisme
Aliran
eksistensialisme menentang aliran matrialisme yang berpendapat bahwa manusia
hanyalah benda saja. Yang ditentang oleh kaum eksistensialisme ialah pendapat
kaum materialism tentang cara manusia berada di dunia. Menurut ajaran Eksistensialisme
manusia bukan saja berada di dunia, tetapi juga menghadapi dunia dan menghadapi
benda di lain di dunia.
3. Kritik
Eksistensialisme Terhadap Idealisme
Idealisme
menganggap manusia adalah sesuatu yang berpikir, suatu pikiran saja. Pikiran ini
merupakan suatu aspek, aspek mana yang dilupakan oleh materialism dan
sebaliknya dilebihkan oleh idealism.
4. Ethos,
Pathos, Logos
Ethos adalah
sumber kepercayaan yang ditunjukkan oleh seorang komunikator bahwa ia memang
pakar dalam bidangnya, sehingga oleh karena ia seorang ahli, maka ia dapat
dipercaya. Pathos
adalah tampilan emosi, komunikator harus pas memunculkan semangat dan gairah
berkomunikasi. Logos
adalah argumentasi komunikasi harus masuk akal.
5. Komunikator Humanistis
Komunikator
yang baik adalah komunikator humanistik, yaitu diri seseorang yang unik dan
otonom, dengan proses mental mencari informasi secara aktif, yang sadar akan
dirinya dan keterlibatannya dengan masyarakat, memiliki kebebasan memilih, dan
bertanggung jawab terhadap perilaku yang diakibatkan. Seorang komunikator
humanistik harus berpribadi, unik, aktif, serta sadar diri dan keterlibatan
sosial.
B. Teknologi
Komunikasi
1. Ambivalensi
Teknologi Komunikasi
2. Apakah
Teknologi Itu Netral?
Ø Global
Village
Ø Global
Pillage
3. Aspek
Teknologi
Ø Technical
Aspect
Ø Culture
Aspect
Ø Organizational
Aspect
4. Teknologi
Komunikasi dan Masyarakat Informasi
Ø Konvergensi
Teknologi
Ø Berkembangnya
Internet
Ø Digitalisasi
Ø KonvergensI
Media
Ø Merger
Industri
5. Akses
Teknologi Komunikasi
Ø Perubahan
gaya hidup
Ø Tantangan
karier
Ø Perubahan
regulasi
Ø Pergeseran
kekuatan
6. Berbagai
Paradigma dalam Teknologi Komunikasi
Ø Determinisme
Teknologi
Ø Fenomenologi
Teknologi
Ø Otoritarianisme
Ø Libelatarianisme
Ø Tanggung
Jawab Sosial
C. Komunikasi
Efektif dan Strategi Komunikasi
Tidak perduli
seberapa berbakatnya seseorang, betapa pun unggulnya seseorang, kesuksesan
tidak akan pernah diperoleh tanpa penguasaan keterampilan komunikasi yang
efektif. Kita tidak pernah mempelajari bagaimana menulis secara efektif,
bagaimana membaca degan cepat dan efektif, apalagi bagaimana menjadi pendengar
yang baik. Dalam komunikasi yang efektif juga memiliki hukum, yaitu “Reach”
yang secara harfiah berarti “merengkuh” atau “meraih”. Reach sendiri
kepanjangan dari Respect, Empathc, Audible, Clarity, dan Humble.
Pingki Aulia
Wahyudin / 14140110293
Tidak ada komentar:
Posting Komentar