A. Manusia Sebagai Pelaku Komunikasi
Aktivitas komunikasi merupakan
aktivitas manusiawi. Proses komunikasi adalah aktivitas yang diperlukan untuk
mengadakan dan melakukan tindakan komunikatif, baik yang dilakukan oleh
komunikator, komunikan, atau aktivitas penyampaian pesan. Posisi manusia berada
pada “who” dan “whom” pada rumusan Lasswell, serta “pembicara” dan “pendengar”
pada pola komunikasi Aristoteles.
1. Definisi Manusia
Manusia adalah makhluk yang berakal
budi. Manusia mempunyai tiga anima, yaitu :
à Anima avegatativa
à Anima sensitive
à Anima intelektiva
Ciri manusia menurut Aristoteles
adalah memiliki totalitas, yakni persatuan roh dan jasad.
Pemikiran Aristoteles termasuk dalam
konvergensi, penggabungan tiga aliran besar tentang manusia, yaitu :
a. Materialisme, ada pada fisiknya,
b. Idealisme, ada pada ide, dan
c.
Eksistensialisme,
manusia ada eksistensinya.
2. Kritik Eksistensialisme Terhadap
Materialisme
Yang ditentang adalah pendapat
tentang cara manusia berada di dunia. Manusia adalah subjek, artinya sadar akan
dirinya sendiri dan sadar akan objek yang dihadapinya. Memungkiri bahwa manusia
sebagai keseluruhan.
3. Kritik Eksistensialisme Terhadap
Idealisme
Idealisme menganggap manusia adalah
sesuatu yang berpikir, suatu pikiran saja. Menurut aliran eksistensialisme,
kesalahan terdapat pada idealisme yang memandang manusia hanya sebagai subjek,
dan akhirnya sebagai kesadaran semata-mata. Manusia hanya berdiri sebagai
manusia karena bersatu dengan realitas sekitarnya.
Menurut paham eksistensialisme,
manusia adalah eksistensi. Bukan hanya berarti “ada” atau “berada”, akan tetapi
eksistensi sebagai pengertian khusus hanya untuk manusia, yakni berada secara
khusus manusia. Hanya manusia makhluk yang dapat berkata “aku” dengan sabar.
Itulah persona yang terdapat pada manusia. Persona berkembang menuju
kesempurnaan berdasarkan pengalaman berkomunikasi antara manusia. Personalah
yang merupakan faktor yang membedakan manusia dengan yang bukan manusia, seperti
binatang. Ketika seseorang ingin berkomunikasi, maka ia harus bisa
menerjemahkan pikiran dan perasaan yang akan disampaikan ke penerima.
4. Ethos, Pathos, dan Logos
a. Ethos
Sumber kepercayaan yang
ditunjukkan oleh seorang komunikator bahwa
ia memang pakar dalam bidangnya, berdasarkan track record.
b. Pathos
Tampilan emosi,
komunikator harus bisa memunculkan semangat dan gairah berkomunkasi.
c. Logos
Argumentasi komunkasi
harus masuk akal, disusun sedemikian rupa sehingga
pesan yang disampaikan memiliki kekuatan argument.
5. Komunikator Humanistik
Menurut Prof. Onong Uchyana Effendi,
komunikator humanistic adalah diri seseorang yang unik dan otonom, dengan
proses mental mencari informasi secara aktif, yang sadar akan dirinya dan
keterlibatannya dengan masyarakat, memiliki kebebasan memilih, dan bertanggung
jawab terhadap perilaku yang diakibatkan.
Empat ciri
komunikator humanistic, yaitu
à Berpribadi
à Unik
à Aktif
à Sadar diri dan Keterlibatan sosial
B. Teknologi Komunikasi
Perkembangan teknologi komunikasi
lebih merupakan deret ukur yang memperlihatkan lompatan-lompatan, dengan
dimulai dari satu, dua, lalu melompat menjadi empat, lalu melompat lagi menjadi
enam belas, dan seterusnya. Semula
dengan ditemukannya berbagai perangkat sederhana, mulai dari telepon, yang
berbasis analog, maju dan berkembang terus hingga muncul berbagai perangkat
elektronika lainnya.
Apakah Teknologi
itu Netral?
a. Global Village
Teknologi komunikasi menciptakan
manfaat positif dengan mengatasi hambatan
jarak dan waktu.
b. Global Pillage
Teknologi komunikasi menciptakan
manfaat negatif, dengan cara menciptakan ketergantungan.
Ekses (Pengaruh
Negatif) Teknologi Komunikasi
a. Perubahan gaya hidup
b. Tantangan karier
c. Perubahan regulasi
d. Pergeseran kekuatan
6. Berbagai Paradigma dalam Teknologi
Komunikasi
a. Determinisme Teknologi
b. Fenomena Teknologi
c. Otoritarianisme
d. Liberalisme
e. Tanggung jawab sosial
“Reach” sebagai
Hukum Komunikasi Efektif
a. Respect
b. Empathic
c. Audible
d. Clarity
e. Humble
“Know Your
Audience”
Oleh : Ghesilia Gianty
NIM : 14140110386
Tidak ada komentar:
Posting Komentar