Senin, 11 April 2016

Tema Pokok dalam Etika dan Filsafat Komunikasi


Komunikasi memiliki hakikat yaitu proses ekspresi antar manusia Dalam bahasa komunikasi, setiap orang atau sesuatu yang menyampaikan sesuatu disebut sebagai komunikator. Sesuatu yang disampaikan atau diekspresikan adalah pesan (message). Seseorang atau sesuatu yang menerima pesan adalah komunikan (communicate).

Proses komunikasi adalah aktivitas yang diperlukan untuk mengadakan dan melakukan tindakan komunikatif, baik yang dilakukan oleh komunikator, komunikan atau aktivitas penyampaian pesan, noise yang bisa saja terjadi dalam setiap tindakan komunikatif lainnya.

1.       Definisi Manusia
·         Manusia terdiri atas tiga anima (jiwa):
§  Anima avegativa (tumbuh dan berkembang)
§  Anima sensitiva (naluri)
§  Anima intelektiva (kesadaran)
·         Sehingga dengan ketiga anima yang bergabung itu manusia memiliki satu ciri yang hanya dimiliki manusia, yaitu totalitas.
·         Penggabungan ketiga aliran besar tentang manusia menurut Aritoteles:
§  Materialistme
§  Idealisme
§  Eksistensialisme

2.       Kritik Eksistensialisme Terhadap Materialisme
·         Adanya pertentangan antara eksistensialisme dan materialisme tentang cara manusia berada di dunia.
·         Menurut ajaran eksistensialisme, manusia bukan saja berada di dunia, tapi juga menghadapi dunia dan menghadapi benda lain di dunia.
·         Kesalahan aliran materialisme terletak pada pandangan materialisme yang mendetotalisasi manusia, memungkiri totalitas manusia. Mereka mengatakan bahwa manusia hanya materi, berarti memungkiri manusia sebagai keseluruhan.
3.       Kritik Eksistensialisme Terhadap Idealisme

·         Pertentangan antara idelisme dan eksistensialisme adalah tentamg manusia yang dipandang hanya sebagai subjek kesadaran. Idealisme lupa bahwa menusia dapat menjadi manusia yang sesungguhya karena bersatu dengan realitas sekitarnya.

4.       Ethos, Pathos, dan Logos

·         Ethos: Pakar sebuah bidang yang benar- benar mahir.
·         Pathos: Emosi yang dimiliki oleh komunikator.
·         Logos: Argumentasi yang berasal dari akal budi komunikator.

5.       Komunikator Humanistis

·         Seorang yang unik dan sadar bahwa dirinya berada dalam lingkungan sosial di mana dia harus mencari informasi secara aktif dengan sesamanya. 4 ciri komunikator humanistik:
§  Unik
§  Aktif
§  Sadar akan dirinya sendiri
§  Terlibat dalam kegiatan sosial

TEKNOLOGI KOMUNIKASI

1.       Ambivalensi Teknologi Komunikasi

·         Media memiliki pengaruh yang besar terhadap publik. Semakin banyak pengaruh media, semakin banyak kekuasaan yang bisa di dapatkan melalui media tersebut. Hal ini sesuai dengan teori komunikasi Jarum Suntik di mana media sangat berpengaruh dan sangat berkuasa dalam membentuk opini publik pengguna media.
2.       Apakah Teknologi itu Netral?

·         Ada dua jawaban, bisa ya dan bisa tidak.
·         Ya, jika dilihat dari aspek teknologi menguntungkan kehidupan manusia. Teknologi dapat bekerja secara netral dilihat dari fungsi kegunaannya bagi manusia.
·         Tidak, jika dilihat dari manusia dalam menggunakan teknologi tersebut. Teknologi dapat digunakan secara tidak benar dan akhirnya merugikan beberapa pihak.
3.       Aspek Teknologi

·         3 hal tertanam dalam aspek teknologi:
§ Technical aspect
§ Cultural aspect
§ Organizational aspect

4.       Teknologi Komunikasi dan Masyarakat Informasi
·         Masyarakat informasi adalah suatu masyarakat di mana produksi, pemrosesan, distribusi, dan konsumsi informasi menjadi aktivitas yang utama.

5.       Ekses Teknologi Komunikasi
·         Pengaruh buruk yang ditimbulkan oleh Teknologi Komunikasi.

6.       Berbagi Paradigma dalam Teknologi Komunikasi
·         Determinisme teknologi
·         Fenomenologi teknologi
·         Otoritatianisme
§ Pemerintah mengontrol ketat jalannya pers, pers hanya sebagai corong pemerintah menyalurkan keinginannya dalam berkuasa.
·         Liberialisme
§ Pers harus diberi kebebasan, kebebasan disini adalah kebebasan berekspresi tentang pendapat.
§ Setiap orang berhak mendapat informasi yang berimbang dan padat akan pendididkan.
·         Tanggung jawab sosial
§ Jurnalis dan warga masyarakat melakukan bersama- sama pengontrolan kekuasaan sehingga adanya timbal balik yang rapih antara pemerintah dan rakyat.

7.       Pemikiran Jaques Ellul tentang Teknologi Komunikasi

·         Manusia menjadi lebih individualis ketika teknologi televisi muncul. Tidak ada lagi kepedulian antar sesama manusia sejak teknologi dapat memberikan hiburan bagi setiap individu tanpa batasan umur dan ekonomi.

KOMUNIKASI EFEKTIF DAN STRATEGI KOMUNIKASI

1.       Komunikasi Efektif Menurut Stephen Covey
Konsep interdependency ditekankan untuk menjelaskan hubungan antar manusia. Unsur yang paling penting dalam komunikasi bukan sekedar pada apa yang kita tulis dan katakan, tapi pada karakter kita dan bagaimana kita menyampaikan pesan kepada penerima pesan.

2.       Reach sebagai Hukum Komunikasi Efektif
·         REACH adalah kependekan dari Respect, Emphatic, Audible, Clarity, dan  Humble. Dalam berkomunikasi tentunya kelima hal itu harus tercakup dalam pesan dan oenyampaian pesan.
§  Respect
Adanya penghargaan terhadap setiap individu yang terlibat dalam komunikasi tersebut.
§  Emphatic
Menempatkan diri pada situasi yang sedang berlangsung.
§  Audible
Mudah dimengerti maknanya/ pesannya.
§  Clarity
Jelas, pesan tidak membingungkan dan singkat.
§  Humble
Tidak ada pembedaan status antar komunikan dengan komunikator.

3.       Know Your Audience”
·         Adanyan pemahaman tentang audience yang diajak berkomunikasi baik secara Timing, Bahasa, Sikap, dan Jenis kelompok komunikan.  

4.       Faktor pada Komunikator
·         Ada dua hal yang harus diperhatikan pada komunikator, yaitu source credibility dan source atractiveness.
§  Source credibility
Sumber dapat dipercaya oleh penerima pesan.
§  Source attractiveness
Sumber dapat menarik perhatian penerima pesan.
5.       Hambatan Komunikasi
·         Beberapa hambatan yang harus diperhatikan untuk maksimalisasi Efektivitas Komunikasi:
§  Gangguan Komunikasi
§  Kepentingan (interest)
§  Motivasi terpendam
§  Prasangka
6.       Evasi Komunikasi
·         Pembelokan komunikasi baik disengaja maupun tidak. Tujuan komunikasi tidak akan tercapai jika evasi tidak diluruskan.
·         Jenis- jenis Evasi:
§  Menyesatkan pengertian
§  Mencacatkan pesan komunikasi
§  Mengubah kerangka referensi
Livia Kristianti
14140110102

Sumber:

Mufid, Muhamad. 2009. Etika dan Filsafat Komunikasi. Jakarta: Prenada Media Group. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar