Komunikasi memiliki hakikat yaitu proses ekspresi antar
manusia Dalam bahasa komunikasi, setiap orang atau
sesuatu yang menyampaikan sesuatu disebut sebagai komunikator. Sesuatu yang
disampaikan atau diekspresikan adalah pesan (message).
Seseorang atau sesuatu yang menerima pesan adalah komunikan (communicate).
Proses komunikasi adalah aktivitas yang diperlukan untuk mengadakan dan
melakukan tindakan komunikatif, baik yang dilakukan oleh komunikator, komunikan
atau aktivitas penyampaian pesan, noise yang
bisa saja terjadi dalam setiap tindakan komunikatif lainnya.
1.
Definisi Manusia
·
Manusia
terdiri atas tiga anima (jiwa):
§ Anima avegativa (tumbuh dan berkembang)
§ Anima sensitiva (naluri)
§ Anima intelektiva (kesadaran)
·
Sehingga
dengan ketiga anima yang bergabung itu manusia memiliki satu ciri yang hanya
dimiliki manusia, yaitu totalitas.
·
Penggabungan
ketiga aliran besar tentang manusia menurut Aritoteles:
§ Materialistme
§ Idealisme
§ Eksistensialisme
2.
Kritik
Eksistensialisme Terhadap Materialisme
·
Adanya
pertentangan antara eksistensialisme dan materialisme tentang cara manusia berada di dunia.
·
Menurut ajaran
eksistensialisme, manusia bukan saja berada di dunia, tapi juga menghadapi
dunia dan menghadapi benda lain di dunia.
·
Kesalahan
aliran materialisme terletak pada pandangan materialisme yang mendetotalisasi
manusia, memungkiri totalitas manusia. Mereka mengatakan bahwa manusia hanya
materi, berarti memungkiri manusia sebagai keseluruhan.
3.
Kritik
Eksistensialisme Terhadap Idealisme
·
Pertentangan
antara idelisme dan eksistensialisme adalah tentamg manusia yang dipandang hanya sebagai subjek kesadaran.
Idealisme lupa bahwa menusia dapat menjadi manusia yang sesungguhya karena
bersatu dengan realitas sekitarnya.
4.
Ethos,
Pathos, dan Logos
·
Ethos:
Pakar sebuah bidang yang benar- benar mahir.
·
Pathos:
Emosi yang dimiliki oleh komunikator.
·
Logos:
Argumentasi yang berasal dari akal budi komunikator.
5.
Komunikator
Humanistis
·
Seorang
yang unik dan sadar bahwa dirinya berada dalam lingkungan sosial di mana dia
harus mencari informasi secara aktif dengan sesamanya. 4 ciri komunikator
humanistik:
§
Unik
§
Aktif
§
Sadar akan
dirinya sendiri
§ Terlibat dalam kegiatan sosial
TEKNOLOGI KOMUNIKASI
1.
Ambivalensi
Teknologi Komunikasi
·
Media
memiliki pengaruh yang besar terhadap publik. Semakin banyak pengaruh media,
semakin banyak kekuasaan yang bisa di dapatkan melalui media tersebut. Hal ini
sesuai dengan teori komunikasi Jarum Suntik di mana media sangat berpengaruh dan
sangat berkuasa dalam membentuk opini publik pengguna media.
2.
Apakah
Teknologi itu Netral?
·
Ada dua
jawaban, bisa ya dan bisa tidak.
·
Ya, jika
dilihat dari aspek teknologi menguntungkan kehidupan manusia. Teknologi dapat
bekerja secara netral dilihat dari fungsi kegunaannya bagi manusia.
·
Tidak,
jika dilihat dari manusia dalam menggunakan teknologi tersebut. Teknologi dapat
digunakan secara tidak benar dan akhirnya merugikan beberapa pihak.
3.
Aspek
Teknologi
·
3 hal
tertanam dalam aspek teknologi:
§ Technical aspect
§ Cultural aspect
§ Organizational aspect
4.
Teknologi
Komunikasi dan Masyarakat Informasi
·
Masyarakat
informasi adalah suatu masyarakat di mana produksi, pemrosesan, distribusi, dan
konsumsi informasi menjadi aktivitas yang utama.
5.
Ekses Teknologi
Komunikasi
·
Pengaruh
buruk yang ditimbulkan oleh Teknologi Komunikasi.
6.
Berbagi Paradigma
dalam Teknologi Komunikasi
·
Determinisme
teknologi
·
Fenomenologi
teknologi
·
Otoritatianisme
§ Pemerintah mengontrol ketat jalannya pers, pers
hanya sebagai corong pemerintah menyalurkan keinginannya dalam berkuasa.
·
Liberialisme
§ Pers harus diberi kebebasan, kebebasan disini
adalah kebebasan berekspresi tentang pendapat.
§ Setiap orang berhak mendapat informasi yang
berimbang dan padat akan pendididkan.
·
Tanggung jawab
sosial
§ Jurnalis dan warga masyarakat melakukan
bersama- sama pengontrolan kekuasaan sehingga adanya timbal balik yang rapih
antara pemerintah dan rakyat.
7.
Pemikiran
Jaques Ellul tentang Teknologi Komunikasi
·
Manusia
menjadi lebih individualis ketika teknologi televisi muncul. Tidak ada lagi
kepedulian antar sesama manusia sejak teknologi dapat memberikan hiburan bagi
setiap individu tanpa batasan umur dan ekonomi.
KOMUNIKASI EFEKTIF DAN STRATEGI KOMUNIKASI
1.
Komunikasi
Efektif Menurut Stephen Covey
Konsep interdependency ditekankan untuk menjelaskan hubungan antar manusia. Unsur
yang paling penting dalam komunikasi bukan sekedar pada apa yang kita tulis dan
katakan, tapi pada karakter kita dan bagaimana kita menyampaikan pesan kepada penerima
pesan.
2.
Reach
sebagai Hukum Komunikasi Efektif
·
REACH
adalah kependekan dari Respect, Emphatic, Audible, Clarity, dan Humble. Dalam berkomunikasi tentunya kelima
hal itu harus tercakup dalam pesan dan oenyampaian pesan.
§ Respect
Adanya
penghargaan terhadap setiap individu yang terlibat dalam komunikasi tersebut.
§ Emphatic
Menempatkan
diri pada situasi yang sedang berlangsung.
§ Audible
Mudah
dimengerti maknanya/ pesannya.
§ Clarity
Jelas,
pesan tidak membingungkan dan singkat.
§ Humble
Tidak
ada pembedaan status antar komunikan dengan komunikator.
3.
“Know Your Audience”
·
Adanyan
pemahaman tentang audience yang
diajak berkomunikasi baik secara Timing, Bahasa, Sikap, dan Jenis kelompok
komunikan.
4.
Faktor
pada Komunikator
·
Ada dua
hal yang harus diperhatikan pada komunikator, yaitu source credibility dan source
atractiveness.
§ Source
credibility
Sumber
dapat dipercaya oleh penerima pesan.
§ Source
attractiveness
Sumber
dapat menarik perhatian penerima pesan.
5.
Hambatan
Komunikasi
·
Beberapa
hambatan yang harus diperhatikan untuk maksimalisasi Efektivitas Komunikasi:
§ Gangguan Komunikasi
§ Kepentingan (interest)
§ Motivasi terpendam
§ Prasangka
6.
Evasi Komunikasi
·
Pembelokan
komunikasi baik disengaja maupun tidak. Tujuan komunikasi tidak akan tercapai
jika evasi tidak diluruskan.
·
Jenis-
jenis Evasi:
§ Menyesatkan pengertian
§ Mencacatkan pesan komunikasi
§ Mengubah kerangka referensi
Livia Kristianti
14140110102
Sumber:
Mufid, Muhamad. 2009. Etika dan
Filsafat Komunikasi. Jakarta: Prenada Media Group.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar