Senin, 11 April 2016

Tema Pokok Dalam Etika Dan Filsafat Komunikasi


Bab 5
Tema Pokok Dalam Etika Dan Filsafat Komunikasi

Oleh : Adrian Renardi - 14140110108

            Proses komunikasi merupakan proses kehidupan yang mewarnai keseharian manusia. Komunikasi tidak bisa dipisahkan dari proses kehidupan manusia. Komunikasi adalah aktivitas mutlak manusiawi. Pada hakikatnya, komunikasi adalah proses ekspresi antaramanusia. Setiap manusia mempunyai kepentingan untuk menyampaikan pikiran dan perasaan. Bahasa dijadikan sebaga medium dalam komunikasi. Pelaku komunikasi terdiri atas komunikator dan komunikan. Apa yang diekspresikan komunikator kepada komunikan itu disebut pesan atau message.

            Aliran eksistensialisme menentang aliran materialisme, menurut ajaran eksistensialisme manusia bukan saja berada di dunia, tetapi juga menghadapi dunia dan benda lain di dunia, dan untuk bisa menghadapi maka harus mengerti arti dari benda tersebut. Sedangkan materialisme lebih mengajarkan bahwa manusia hanyalah benda. Aliran eksistensialisme juga menentang idealisme. Menurut eksistensialisme kesalahan yang terdapat di idelalisme adalah bahwa idealisme memandang manusia hanya sebagai subjek dan pada akhirnya sebagai kesadaran semata-mata.

            Sejak zaman retorika Yunani kuno hingga sekarang, komunikator haruslah melengkapi diri dengan ethos, pathos, dan logos. Ketiga konsep ini memang dikembangkan dalam kontkes komunikasi retorika atau public speaking. Namun demikin, ketiga konsep tersebut masih relevan dalam komunikasi efektif terutama menjadi komunikator yang handal. Ethos adalah sumber kepercayaan yang ditunjukkan oleh seorang komunikator yang memang pakar dalam bidangnya, sehingga oleh karena ia seorang ahli, maka ia dapat dipercaya. Pathos adalah tampilan emosi, komunikator harus pas memunculkan semangat dan gairah berkomunikasi. Semangat Bung Karno dalam berorasi menjadi salah satu contoh. Logos adalah argumentasi komunikasi harus masuk akal dan mampu meyakinkan audiens. Seorang komunikator humanistik memiliki 4 ciri yaitu, berpribadi, unik, aktif, dan sadar diri dan keterlibatan sosial.

            Adanya 2 pengaruh perkembangan teknologi komunikasi. Pertama, Global Village yang berarti teknologi komunikasi menciptakan manfaat positif dengan mengatasi hambatan jarak dan waktu, sehingga seolah-olah dunia hanyalah sebuah desa. Manusia dapat berinteraksi dimana pun dan kapan pun. Global Pillage yang berarti teknologi menciptakan ketergantungan. Teknologi memiliki 3 aspek yang saling berkaitan antara lain Technical Aspect (aspek teknis), Cultural Aspect(aspek kultural), Organizational Aspect(aspek organisasi).
           
            Perkembangan teknologi komunikasi merupakan suatu kemajuan dalam hal penyampaian informasi dan pesan. Akibat perkembangan teknologi, perubahan terjadi cukup dramatis di sisi perjalanan bisnis sehingga menghasilkan pelayanan-pelayanan atau fitur baru. Terdapat 5 faktor pendorong terbentuknya masyarakat informasi. Konvergensi teknologi (penyatuan sejumlah teknologi sehingga membentuk suatu media komunikasi yang baru), berkembangnya internet, digitalisasi (konversi segala data sehingga bisa dibaca oleh komputer), konvergensi media(kerjasama), dan merger industri.

            Menurut Stephen Covey bila komunikasi ingin berjalan efektif kita harus memenuhi kriteria penting yaitu, integritas, yaitu bertahan pada perasaan, nilai, dan komitmen yang bernalar. Kedewasaan yaitu mengungkapkan ide dan perasaan dengna memperhatikan ide dan perasaan orang lain. Kekayaan mental, yaitu kepercayaan bahwa segala sesuatu akan selalu cukup untuk dibagi pada semua orang. Tak lupa kita juga harus bisa saling menghormati, berempati, jelas, dan rendah hati.

            Terdapat pula hambatan pada komunikasi meliputi: gangguan komunikasi atau noise bersifat mekanistik maupun sematik, kepentingan yang menyebabkan kita selektif dalam menanggapi suatu pesan, motivasi yang terpendam yang mendoro seseorang berbuat sesuai dengan egonya sendiri, dan prasangka yang biasanya berkonteks buruk dimana komunikasi belum dilakukan orang sudah curiga terlebih dahulu.
           



Tidak ada komentar:

Posting Komentar