Senin, 11 April 2016

Tema Pokok dalam Etika dan Filsafat Komunikasi

Hakekat komunikasi adalah ekspresi antar manusia. Setiap manusia memiliki kepentingan untuk menyampaikan pikiran atau perasaan yang dipunyai, lewat medium komunikasi. Setiap orang yang menyampaikan pesan disebut komunikator dan penerimanya adalah komunikan.
Letak manusia dalam komunikasi dapat dilihat dari rumusan Lasswell dan Aristoteles. Lasswell menyatakan komunkasi adalah “who say what to whom in what channel with what effect”. Sedangkan Aristoteles menyatakan kedudukan manusia sebagai pelaku meliputi pembicara dan pendengar.
DEFINISI MANUSIA
            Ciri manusia menurut Aristoteles adalah totalitas, persatuan dari tubuh dan jiwa. Anima merupakan penyebab hidup, dan “aku” adalah penyebab kesadaran. “Aku” adalah pusat panca indra di otak dan memiliki perangsang masing-masing yang disebut adequatus.
            Tiga aliran besar tentang manusia menurut Aristoteles:
·         Materialisme (fisik manusia)
·         Idealisme (keberadaan manusia pada ide)
·         Eksistensialisme (keberadaannya diakui masyarakat sekitar)
KRITIK EKSISTENSIALISME TERHADAP MATERIALISME
Aliran eksistensialisme berpendapat bahwa kaum materialism adalah tentang cara manusia berada di dunia. Menurut ajaran eksistensialisme, manusia tidak hanya berada di dunia, tapi juga benda lain di dunia. Kesalahan aliran materialism terletak pada pandangan materialism yang memungkiri totalitas manusia. Katanya, jika manusia hanya tentang materi, ada banyak permasalahan dan bukanlah manusia secara keseluruhan.
KRITIK EKSISTENSIALISME TERHADAP IDEALISME
            Idealisme menganggap manusia sebagai sesuatu yang hanya berpikir saja. Pikiran dianggap sebagai sebuah aspek yang dilupakan materialism dan dilebih-lebihkan idealisme. Kesalahan idealism adalah pandangannya terhadap manusia yang hanya sebagai subjek dan sadar semata. Idealisme lupa bahwa manusia hidup karena ada kesatuan dengan sekitarnya.
            Menurut paham eksistensialisme, manusia bukanlah objek seperti pandangan materialism, tapi juga bukan subjek seperti idealism. Manusia adalah satu eksistensi.
ETHOS, PATHOS, LOGOS
·         Ethos: pakar di bidang tertentu
·         Pathos: tampilan emosi
·         Logos: argumentasi komunikasi yang masuk akal
KOMUNIKATOR HUMANITIS
            Diri seseorang yang unik dengan proses mencari informasi secara aktif dan sadar akan keterlibatannya dalam masyarakat. Ia memiliki kebebasan memilih dan bertanggung jawab atas perilakunya.
            Ciri komunikator humanistik:
·         Berpribadi
·         Unik
·         Aktif
·         Sadar diri

·         Keterlibatan sosial

CINDY
14140110101

Tidak ada komentar:

Posting Komentar