Senin, 11 April 2016

Hakikat Filsafat Komunikasi

a.      Hakikat Filsafat Komunikasi
Proses komunikasi dapat dilihat dalam dua prespektif besar yaitu
1.      PERSPEKTIF PSIKOLOGIS
Aktivitas psikologis sosial yang melibatkan komunikan, komunitator, isi pesan, lambang, sifat hubungan, persepsi, proses decoding dan encoding
2.      PERSPEKTIF MEKANIS
Aktivitas mekanik yang dilakukan oleh komunikator, yang bersifat situasional dan kontekstual.
Komunikasi memiliki tujuan dan tehnik, sehingga bisa dikatakan bahwa filsafat komunikasi adalah ilmu yang mengkaji setiap aspek dari komunikasi dengan menggunakan pendekatan dan metode filsafat sehingga penjelasan yang mendasar, utuh, dan sistematis seputar komunikasI.
Tujuan komunikasi terdiri dari komunikasi informative , persuasive, koersif, instrusif, dan hubungan manusiawi. Metode komunikasi meliputi jurnalistik, hubungan masyarakat, periklanan, propaganda, perang urat saraf dan perpustakaan. Sehinggan dengan demikian bisa dikatakan bahwa filsafat komunikasi adalah ilmu yang mengkaji setiap aspek dari komunikasi dengan menggunakan pendekatan dan metode filsafat sehingga didapatkan penjelasan yang mendasar, utuh dan sistematis seputar komunikasi.

b.      Pemikiran Richard L.Lanign
Secara khusus membahas analisis filososfis atas proses komunikasi :
1.      Metafisika : ada beberapa hal yang harus direfleksikan. Hal-hal itu adalah sifat manusia dan hubungannya dengan alam, sifat dan fakta kehidupan manusia, problema pilihan manusia, dan soal kebebasan pilihan tindakan manusia.
2.      Epistemologi : Cabang filsafat yang menyelidiki asal, sifat, metode, dan batasan pengetahuan manusia.ini mereleksikan asal usul, hakikat, dan batasan pengetahuan manusia. Berakaitan dengan penguasaan pengetahuam dan lebih mendasar lagi berkaitan dengan kriteria penilaian atas kebenaran.
3.      Aksiologi : Dalam filsafat komunikasi ini adalah kategori keempat dari filsafat, merupakan studi etika dan estetika. Aksiologi adalah kajian terhadap apa itu niali-nilai manusiawidan bagaimna cara melembagakannya.
4.      Logika : Berkaitan dengan telaah terhadap asas-asas dan metode penalaran secara benar.

c.       Pemikiran Stephen W. Littlejohn
Komunikasi menurut Littlejohn dapat digambarkan dalam matrik persilangan antara tingkah laku sumber pesan dan tingkah laku penerimaan pesan.



d.      Pemikiran Whitney R. Mundt

Filsafat komunikasi menapilakan kekuatan media dan prinsip-fungsi media hubungannya dengan negara. Mundt menyatakan penjelasan keterpautan pemerintah dengan jurnalistik di mana keseimbangan kekuatan selalu bergeser.
Pers terbagi 5 :
1. Otoriter : System pers di mana ada sensor dan  lisensi dari pemerintah. Pemerintah menekan kritik sehinggan kekuasaan terpelihara.
2. Sosial-otoriter : Pers dimiliki oleh pemerintah atau partai pemerintah untuk melengkapi pers guna mencapai tjuan ekonomi nasional dan tujuan filsafati
3. Libertarian :  Ketiadaan pengawasan pemerintah untuk menjamin berkembangnya gagasan secara bebas
4. Sosial-libertarian : Pengawasan pemerintah secara minimal untuk menyumbat saluran-saluran komunikasi dan untuk menjamin semangat operasional dari filsafat libertarian.
5. Sosial- sentralis : Kepemilikan pemerintah atau lembaga umum dengan saluran komunikasi terbatas untuk menjamin semnagat operasioanl dari filsafat liberartarian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar