Senin, 11 April 2016

TEMA POKOK DALAM ETIKA DAN FILSAFAT KOMUNIKASI



Tema Pokok dalam Etika dan Filsafat Komunikasi
A.      Manusia Sebagai Pelaku Komunikasi
Komunikasi tidak bisa dipisahkan dari seluruh proses kehidupan konkret manusiawi. Hakikat komunikasi adalah proses ekspresi antarmanusia. Setiap manusia mempunyai kepentingan untuk menyampaikan pikiran atau perasaan yang dipunyai. Manusia memerlukan pemahaman yang lebih dalam atas segala yang dilakukannya termasuk komunikasi. Proses komunikasi adalah aktivitas yang diperlukan untuk mengadakan dan melakukan tindakan komunikatif.
1.    Definisi manusia
3 aliran besar tentang manusia: 
- Materialisme
- Idealisme
- Eksistensialisme

2.       Kritik eksistensialisme terhadap materialisme.
Menurut ajaran eksistensialisme, manusia bukan saja berada di dunia, tetapi juga menghadapi dunia dan menghadapi benda lain di dunia. Kaum eksistensialis memandang kesalahan aliran materialisme terletak pada pandangan yang mendetotalisasi manusia.
3.       Kritik eksistensialisme terhadap idealisme.
Idealism menganggap manusia adalah sesuatu yang berpikir. Suatu pikiran saja. Kesalahan idealism adalah pandangan manusia hanya sebagai subjek, dan akhirnya sebagai kesadaran semata-mata.
4.       Ethos, Pathos, dan Logos.
Ethos,sumber kepercayaan yang ditunjukkna komunikator bahwa ia memang ahlinya sehingga ia dapat dipercaya.
Pathos, tampilan emosi, seorang komunikator harus tepat memunculkan semangat dan gairah komunikasi.
Logos, argumentasi yang masuk akal.
5.       Komunikator Humanistis.
Menurut Prof. Onong Uchyana Effendi,MA , komunikator yang baik adalah komunikator humanistik yaitu, ciri seseorang yang unik dan otonom dengan proses mental mencari informasi secara akif yang sadar akan dirinya dan keterlibatannya dengan masyarakat.

KOMUNIKASI EFEKTIF DAN STRATEGI KOMUNIKASI
Menurut Wilbur Schramm ada “The Condition of Succes Communication”, yaitu
-       Pesan harus dirancang dan disampaikan sedemikian rupa sehingga dapat menarik perhatian
-       Pesan harus menggunakan lambang yang memiliki pengertian yang sama agar komunikan    dan komunikator saling mengerti
-       Pesan harus dapat memunculkan kebutuhan pribadi komunikasi
-       Pesan harus berkaitan dengan kebutuha kelompok dimana komunikan berada


“Reach” hukum komunikasi efektif
1.       Respect
2.       Emphatic
3.       Audible
4.       Clarity
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar