Tema
Pokok dalam Etika dan Filsafat Komunikasi
A.
Manusia Sebagai Pelaku Komunikasi
Komunikasi tidak bisa
dipisahkan dari seluruh proses kehidupan konkret manusiawi. Hakikat komunikasi
adalah proses ekspresi antarmanusia. Setiap manusia mempunyai kepentingan untuk
menyampaikan pikiran atau perasaan yang dipunyai. Manusia memerlukan pemahaman
yang lebih dalam atas segala yang dilakukannya termasuk komunikasi. Proses komunikasi
adalah aktivitas yang diperlukan untuk mengadakan dan melakukan tindakan
komunikatif.
1.
Definisi manusia
3 aliran besar tentang manusia:
- Materialisme
- Idealisme
- Eksistensialisme
2.
Kritik eksistensialisme terhadap materialisme.
Menurut ajaran eksistensialisme, manusia bukan saja berada di dunia,
tetapi juga menghadapi dunia dan menghadapi benda lain di dunia. Kaum eksistensialis
memandang kesalahan aliran materialisme terletak pada pandangan yang
mendetotalisasi manusia.
3.
Kritik eksistensialisme terhadap idealisme.
Idealism menganggap manusia adalah sesuatu yang berpikir. Suatu pikiran
saja. Kesalahan idealism adalah pandangan manusia hanya sebagai subjek, dan
akhirnya sebagai kesadaran semata-mata.
4.
Ethos, Pathos, dan Logos.
Ethos,sumber kepercayaan
yang ditunjukkna komunikator bahwa ia memang ahlinya sehingga ia dapat
dipercaya.
Pathos, tampilan
emosi, seorang komunikator harus tepat memunculkan semangat dan gairah
komunikasi.
Logos, argumentasi
yang masuk akal.
5.
Komunikator Humanistis.
Menurut Prof. Onong Uchyana Effendi,MA
, komunikator yang baik adalah komunikator humanistik yaitu, ciri seseorang
yang unik dan otonom dengan proses mental mencari informasi secara akif yang
sadar akan dirinya dan keterlibatannya dengan masyarakat.
KOMUNIKASI EFEKTIF DAN STRATEGI KOMUNIKASI
Menurut
Wilbur Schramm ada “The Condition of Succes Communication”, yaitu
-
Pesan harus dirancang dan disampaikan sedemikian rupa sehingga dapat menarik
perhatian
-
Pesan harus menggunakan lambang yang memiliki pengertian yang sama agar
komunikan dan komunikator saling mengerti
-
Pesan harus dapat memunculkan kebutuhan pribadi komunikasi
-
Pesan harus berkaitan dengan kebutuha kelompok dimana komunikan berada
“Reach” hukum
komunikasi efektif
1.
Respect
2.
Emphatic
3.
Audible
4.
Clarity
Tidak ada komentar:
Posting Komentar